Sampaikan Pendapat Akhir, Bupati Sumbawa Sikapi Catatan Pansus DPRD

oleh -8 views

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (28/07/2016)

Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Sumbawa Tahun Anggaran 2015 akhirnya ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Penetapan ini dilakukan pada Sidang Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Lalu Budi Suryata SP didampingi dua pimpinan lainnya, Dr. Drs. A. Rahman Alamudy SH M.Si dan Kamaluddin ST M.Si. hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Drs. H. Mahmud Abdullah, Sekwan Drs. A Gani Nasby, anggota Forkopimda, sejumlah pimpinan SKPD, BUMN/BUMD serta puluhan anggota DPRD Sumbawa. Namun sebelum ditetapkan, pada sidang tersebut dilaksanakan beberapa agenda mulai dari Penyampaian Laporan Panitia Khusus (Pansus) terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015, Pembacaan Rancangan Keputusan DPRD tentang Persetujuan Penetapan Ranperda tersebut menjadi Perda Menjadi Peraturan Daerah, hingga Penyampaian Pendapat Akhir Bupati Sumbawa.

Mengawali pendapat akhirnya, Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan terima kasih kepada kepada para pimpinan DPRD, ketua komisi, ketua fraksi dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Sumbawa atas persetujuannya terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2015. Perjalanan proses pembahasan yang telah berlangsung sebelumnya begitu dinamis, dipenuhi pertanyaan dan harapan juga diwarnai kritik, saran, perdebatan dan interupsi. Namun pihaknya meyakini eksekutif dan DPRD sebagai penyelenggara pemerintahan daerah ini memiliki niat, semangat dan visi yang sama dalam mewujudkan masyarakat sumbawa yang adil, makmur dan sejahtera.

Baca Juga  Vice President AMSA Jadi Delegasi MYEC di Taiwan

Terkait dengan pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD dan laporan Pansus DPRD, Wakil Bupati memberikan tanggapan. Pertama menyangkut realisasi beberapa jenis pendapatan daerah pada Tahun Anggaran 2015 yang belum mencapai target 100%. Pihaknya akan melakukan evaluasi secara komprehensif guna mencari solusi terhadap permasalahan belum tercapainya target pendapatan  dan juga untuk mengoptimalkan semua potensi yang menjadi sumber pendapatan daerah tersebut. Selain itu kepada SKPD yang mengelola pendapatan daerah diminta agar melakukan perbaikan dan perubahan serta melakukan terobosan-terobosan, baik yang bersifat teknis administratif maupun kebijakan strategis dan mengambil langkah-langkah inovatif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah menyampaikan pendapat akhir pada sidang paripurna DPRD Sumbawa
Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah menyampaikan pendapat akhir pada sidang paripurna DPRD Sumbawa

Kemudian mengenai penguatan (strengthening) terhadap badan usaha milik daerah, pemerintah daerah selama ini telah melakukannya baik berupa penguatan manajemen, pembinaan dan pengawasan serta penyertaan modal. Upaya-upaya tersebut akan terus dilakukan untuk peningkatan kinerja keuangan BUMD sehingga dapat berkontribusi bagi peningkatan pendapatan daerah di tahun-tahun yang akan datang.

Selanjutnya penyelesaian permasalahan pembayaran piutang deviden  PT Daerah Maju Bersaing (PT. DMB), pemerintah daerah akan melakukan koordinasi dan komunikasi yang lebih intensif dengan para pihak terkait untuk memastikan penyelesaian permasalahan tersebut bersama dengan DPRD Kabupaten Sumbawa. Terhadap harapan agar hasil temuan-temuan Pansus DPRD dapat ditindaklanjuti akan menjadi perhatian yang sungguh-sungguh bagi pemerintah daerah dan akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga  Sambirang Ahmadi: Tegakkan Keadilan Karena Allah, Bukan Karena Dibayar

Dalam kesempatan itu, Wabup menyampaikan terima kasih atas apresiasi fraksi-fraksi DPRD terhadap Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang berhasil dipertahankan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk keempat kalinya pada Tahun Anggaran 2015. Opini ini akan menjadi motivasi untuk melakukan perbaikan secara terus menerus dalam pengelolaan keuangan daerah. Keberhasilan meraih dan mempertahankan opini WTP ini, harus sejalan dan seirama dengan peningkatan pelayanan publik maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Terkait permasalahan-permasalahan pembangunan yang terjadi pada Tahun Anggaran 2015, juga akan menjadi perhatian sungguh-sungguh bagi pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Husni-Mo dalam melaksanakan APBD pada Tahun Anggaran 2016 dan tahun-tahun mendatang. Karenanya Ia meminta semua pimpinan SKPD beserta seluruh jajarannya untuk menyikapi dan menindaklanjuti semua persoalan tersebut dan mengambil langkah-langkah penyempurnaan baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawabannya. Terhadap usul, saran, dan harapan serta kritik konstruktif yang berkembang selama proses pembahasan, akan menjadi point penting bagi pemerintah daerah yang perlu disikapi dan ditindaklanjuti sesuai dengan perundang-undangan dan diharapkan dapat dirumuskan dalam bentuk kebijakan publik untuk diimplementasikan pada tahun-tahun berikutnya. “Kami tetap mengharapkan agar semangat kemitraan antara eksekutif dan DPRD ini dapat terus kita bina dan tingkatkan di masa-masa yang akan datang,” demikian Wabup. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.