KSB dan Pemprov Siapkan Pelaksanaan Festival Taliwang 2016

oleh -3 views
Sekretaris Disparekraf KSB, Ir. M. Saleh, M.Si

SUMBAWA BARAT, SR (28/07/2016)

Meski belum ditentukan waktunya, namun Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah mulai mempersiapkan pelaksanaan Festival Taliwang 2016. Agenda promosi pariwisata yang sepenuhnya dilaksanakan di KSB itu menjadi kegiatan kolaborasi antara Pemda KSB dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. “Agenda ini bukan kita sendiri yang melaksanakannya, tapi Provinsi turut ambil bagian di dalamnya karena Festival Taliwang menjadi bagian dari event promosi pariwisata NTB,” kata Sekretaris Disparekraf KSB, Ir. M. Saleh, M.Si kepada SAMAWAREA, Rabu (28/7).

Ada beberapa acara yang dirancang untuk disajikan dalam memeriahkan kegiatan tersebut. Di antaranya, Parade Budaya yang akan diikuti oleh seluruh perwakilan kabupaten/kota. Kemudian  Pagelaran Budaya di Pulau Kenawa Kecamatan Poto Tano, Karapan Kebo’ (kerbau), dan Parade 1.000 Rabana Ode’ khas Sumbawa. “Untuk kegiatan barapan Kebo’ dan rabana ode’ itu permintaan khusus dari provinsi. Karena dua kegiatan itu masuk dalam ikon promosi pariwisata NTB sehingga harus ditonjolkan pada acara nanti,” sambung Saleh.

Untuk kepastian pelaksanaan Festival Taliwang, Disparekraf KSB masih terus melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Provinsi mengingat persiapan event ini. “Kita juga harus menunggu semua persiapan oleh provinsi tuntas baru kemudian bisa kita tetapkan jadwalnya,” ujarnya.

Namun demikian, Disparekraf memiliki rancangan jadwal yang sebelumnya pernah disusun, di mana kegiatannya akan dilaksanakan sekitar Bulan Oktober—November. Puncaknya akan masuk dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Lahir (Harlah) KSB. “Kalau kita maunya bulan November, jadi masuk dalam rangkaian peringatan Harlah,” pungkasnya. (HEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Bupati Bertemu Petani HAMAS dan Panen Perdana Musim Tanam I