KKN Mahasiswa UTS Hasilkan Produk Sirup Asam Batu Bulan

oleh -42 views
Adiyat Ade Putra (, Citra Islam Lestari dan Novian Dede Prakoso

SUMBAWA BESAR, SR (27/07/2016)

Masyarakat di Desa Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu antusias mengikuti seminar yang digelar mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Selasa (26/7) kemarin. Seminar di Balai Pertemuan Desa Batu Bulan yang diikuti Tim Penggerak PKK, Karang Taruna dan perwakilan masyarakat lainnya. Kegiatan ini bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) UTS Kelompok 13 yang digagas Tim Divisi Program terdiri dari Adiyat Ade Putra (21) Mahasiswa program studi Teknologi Industri Pertanian selaku koordinator program, Citra Islam Lestari (22) mahasiswa program studi Teknologi Hasil Pertanian, dan Novian Dede Prakoso (21) mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi.

Pada seminar bertemakan “Pengenalan Hasil Hutan dan Perkebunan” yang dirangkaikan dengan Uji Panelis Produk (Uji Kesukaan) dari UMKM Desa Batu Bulan mendapatkan respon positif dari peserta seminar. Antusiasme peserta seminar terlihat pada sesi uji panelis. Peserta dikenalkan produk olahan hutan yang nantinya akan diproduksi bersama. Produk-produk tersebut adalah olahan asam Jawa atau dalam Bahasa Sumbawa disebut bage’ menjadi sebuah produk sirup asam. Sirup asam yang diolah menjadi produk tersebut memiliki rasa yang bervariasi yakni Sirup Asam Original, Sirup Asam Jahe, dan Sirup Asam Cinamons (kayu manis). Peserta tampak bersemangat melakukan pengujian dengan cara mencicipi seluruh variasi rasa secara bergantian. Mereka diminta mengisi table panelis untuk menilai tingkat kesukaan dari masing-masing rasa. Indikator penilaian meliputi aroma, rasa, warna, dan kekentalan. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, didapati bahwa keseluruhan variasi rasa diterima baik di lidah masyarakat, namun terdapat dua variasi yang nantinya akan menjadi unggulan produk ini yakni rasa asam original dan rasa asam jahe.

Baca Juga  Sosialisasi SFR, Wujudkan Pengguna Frekwensi Radio yang Tertib

KKN UTS Batu BulanKKN UTS Batu Bulan 1Manfaat asam Jawa juga dipaparkan dalam seminar ini oleh pemateri. Di antaranya berkhasiat sebagai obat herbal berbagai macam penyakit, dan kaya kandungan gizi. Melihat penerimaan masyarakat terhadap produk olahan tersebut  membuat Tim KKN UTS Kelompok 13 cukup puas. Sebab, indikator pencapaian program ini adalah munculnya industry rumahan yang nantinya akan memproduksi sirup asam binaan KKN UTS. Bahkan, salah satu peserta seminar Tati Haryati, S.Pd mengungkapkan bahwa program ini harus cepat dilaksanakan, karena akan menjadi produk unggulan dari desa yang sangat bermanfaat bagi ekonomi masyarakat. Pendapat ini mendapat persetujuan dari peserta seminar lainnya.

Agenda lain pasca seminar, kelompok 13 KKN UTS ini akan melakukan sosialisasi secara masif produk olahan sirup asam kepada seluruh warga Desa Batu Bulan. “Insya Allah akan kami laksanakan 28 Juli besok, yang akan dilanjutkan praktikum agar pengetahuan yang diperoleh mahasiswa KKN dapat ditularkan kepada masayarakat Desa Batu Bulan,” kata Novian Dede Prakoso.

Dia optimis produk ini akan menjadi unggulan desa setempat. Selain mengupayakan pembentukan industry rumahan (home industry) dengan mempercepat proses produksi, juga ditargetkan hingga tahap pemasaran bagaimana memberikan keyakinan produk tersebut dapat diterima di supermarket dan toko local Sumbawa. “Bisa jadi nanti Sirup Asam Batu Bulan menjadi produk khas Sumbawa yang menjadi oleh-oleh tamu luar daerah sehingga secara tidak langsung mendukung peningkatan sektor ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Sumbawa. (Novian Dede Prakoso)

No More Posts Available.

No more pages to load.