Komisi I Minta Pengadaan Seragam Sekolah Gratis Dipercepat

oleh -1 views
Ketua Komisi I DPRD KSB, Drs. M. Thamzil

SUMBAWA BARAT, SR (26/07/2016)

Komisi I DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meminta Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) setempat untuk mempercepat pengadaan seragam gratis bagi siswa baru Tahun Ajaran 2016/2017. “Harapan kami Dikbudpora sudah mulai memproses kegiatan pengadaannya,” kata Ketua Komisi I DPRD KSB, Drs. M. Thamzil kepada SAMAWAREA, Selasa (26/7).

Saat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2016, Thamzil mengaku, Dinas Dikbudpora telah berjanji akan mempercepat kegiatan pengadaannya. “Jadi kami meminta komitmen itu segera dipenuhi dinas. Karena ini menyangkut salah satu janji program pemerintah untuk dapat dikerjakan tahun ini,” timpalnya.

Terkait mekanisme pengadaan pakaian gratis ini, lanjut Thamzil, Dinas Dikbudpora dan Komisi I telah menyepakatinya. Pengadaan dilakukan melalui proses tender dalam keadaan pakaian jadi. “Bukan tender pengadaan bahan saja. Yang kita sepakati pakaian seragam jadi dan siap pakai oleh siswa,” tandasnya.

Kemudian soal pembuatan baju untuk tujuan pemberdayaan, politisi Partai Golkar ini menyebutkan, pemenang tender yang akan memberdayakan penjahit-penjahit lokal. “Kalau pemberdayaannya kan lewat pemenang tender nantinya. Jadi siswa langsung terima baju siap pakai,” ulangnya.

Thamzil selanjutnya berharap Dinas Dikbudpora KSB memberikan kelonggaran bagi siswa baru untuk sementara waktu dapat menggunakan seragam lama sembari menunggu seragam baru yang akan diberikan pemerintah melalui program seragam gratis. “Sekolah juga kami harap jangan memaksakan siswa untuk secepatnya menggunakan seragam baru. Beri kelonggaran siswa dan jangan sampai ada pemaksaan,” pintanya.

Baca Juga  Pemerintahan HUSNI MO akan Berjuang Menegerikan UNSA

Sementara itu kepala Dinas Dikbudpora KSB Drs. Mukhlis, M.Si mengatakan, telah menginstruksikan kepada seluruh sekolah untuk memberikan kelonggaran bagi para siswa baru agar sementara waktu tetap dapat menggunakan seragam lamanya. “Jadi siswa baru tetap boleh pakai seragam lama sampai ada program baju gratis diterima para siswa,” imbuhnya. (HEN/SR)

bankntb DPRD DPRD