Harganas, Momen Wujudkan Keluarga Sejahtera  

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/07/2016)

Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Sumbawa menggelar Peringatan Hari Keluarga Nasional tingkat Kabupaten Sumbawa. Kegiatan dalam rangka Harganas XXIII Tahun 2016 ini dilaksanakan di Wisma Daerah Sumbawa, Senin (25/7) kemarin.

Dalam laporannya, Kepala BKBPP, Ir. A. Yani mengatakan peringatan Harganas adalah momentum merajut untaian keindahan dalam nilai–nilai luhur pemaknaan kebersamaan dalam bingkai keluarga. Atmosfer keindahan tersebut menjadi brand dalam memperkuat posisi sebagai keluarga Sumbawa. Untuk meriahnya peringatan ini, pihaknya telah dan akan menggelar beberapa kegiatan. Di antaranya, senam sehat bersama. Berlanjut pada perignatan Harganas tingkat Provinsi NTB, yang ditutup dengan puncak peringatan Harganas tingkat Nasional Juli 2016.

Dalam peringatan Harganas tingkat kabupaten ini ungkap Yani, pihaknya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pasangan Muhammad Sofyan SH dan Darmiati SAP warga Desa Usar Mapin Kecamatan Alas Barat yang meraih juara 1 Kelestarian ber-KB 10 Tahun, juara 1 Kelestarian ber KB 15 Tahun atas nama Zulkarnaen dan Nurhasanah Ibrahim pasutri asal Desa Motong Kecamatan Utan. Kemudian juara 1 Kelestarian ber KB 20 Tahun atas nama Moh Takdir dan Sri Ratu warga Desa Plampang, Kecamatan Plampang. Juara 1 Penyuluh KB atas nama Dahlia Nawawi warga Desa Mapin Kebak Alas Barat, juara 1 PPKBD atas nama Susilawati Desa Boak Unter Iwes, juara 1 Keluarga Harmonis atas nama Mustamin dan Sahoda Desa Usar Mapin Alas Barat, juara 1 Kader BKR Andi Novyansyah S.Pd Desa Dete Lape,  juara 1 BKL atas nama Kelompok BKL Al Kautsar, Desa Labuhan Bontong Kecamatan Tarano. Juara 1 UPPKS untuk kelompok UPPKS Al Hidayah, Desa Labuhan Aji Kecamatan Tarano. Juara 1 kelompok BKB atas nama kelompok BKB Alamanda, Desa Luar Kecamatan Alas. Juara 1 Motivator KB Pria atas nama Radiatun, Kecamatan Alas. Juara 1 PIC Remaja Berbasis Masyarakat atas nama C Yayuk Wahyuningrum, S.Pd Desa Kerato Kecamatan Unter Iwes. Bidan berprestasi dalam peningkatan MKJP atas nama Rosita, A.Md. Keb. Puskesmas Unit I Kota Sumbawa Besar.Harganas 3

Baca Juga  Tenang, Stok Cabai di NTB Aman

 

Pemberian Anugerah dan atau apresiasi kepada yang berprestasi
Pemberian Anugerah dan atau apresiasi kepada yang berprestasi

Harganas 2

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Sumbawa Drs. H. Muhammading, M.Si yang membacakan sambutan Bupati Sumbawa menyampaikan, peringatan Harganas selain untuk menekan laju pertumbuhan penduduk juga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga secara signifikan. Lahirnya hari keluarga di Indonesia ditandai dengan dimulainya hari kebangkitan kesadaran keluarga untuk membangun dirinya ke arah keluarga kecil melalui keluarga berencana. Peringatan hari keluarga selalu dipelopori oleh BKKBN sebagai institusi yang mengurusi bidang keluarga berencana, dan tim penggerak PKK selaku gerakan masyarakat di semua lini lapisan wilayah. Peringatan hari keluarga mengingatkan semua titik penting kualitas keluarga sebagai kunci masa depan, dimana upaya mewujudkan keluarga sejahtera harus dimulai sejak perencanaan keluarga. Perjalanan panjang keluarga akan menjadi mata rantai kehidupan dari generasi ke generasi berikutnya. Kualitas generasi di masa datang ditentukan oleh kualitas keluarganya saat ini. Keluarga sesungguhnya merupakan lembaga terkecil untuk membentuk ketahanan khusus program kependudukan. Keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang diselenggarakan di Kabupaten Sumbawa strategi penggarapannya dengan pendekatan holistik-integratif, hubungan kemitraan dan keterpaduan program. Program inovasi daerah yang bernilai holistik integratif adalah Posyandu, pendidikan anak usia dini dan bina keluarga balita (Pospa-BKB) yang regulasinya berdasarkan Peraturan Bupati Sumbawa No. 14 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Melalui Posyandu, PAUD dan BKB. Lahirnya Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu daerah yang menjadi lokus riset lahirnya Perpres tersebut.

Baca Juga  Wagub Harap KPPU Kanwil IV Bantu Tingkatkan Potensi NTB

Pembangunan lintas sektoral dikembangkan dengan pencanangan “Kampung KB” tingkat Kabupaten Sumbawa di Dusun Batu Nisung Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas. Tahun 2016 tiap-tiap kecamatan harus dibentuk 1 kampung KB, hingga perkembangan terakhir terdapat 27 kampung KB di Kabupaten Sumbawa. Kampung KB menjadi miniatur model pembangunan keterpaduan dan holistik-integratif secara komprehensif. Di sisi lain, melalui institusi kesehatan dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) memiliki program “Gerakan Satu-Satu”, bahwa setiap bidan yang ada di Kabupaten Sumbawa minimal mendapat 1 MKJP setiap bulannya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD