Momen HBA Menuju Kejaksaan yang Mandiri dan Terpuji

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (22/07/2016)

Resepsi Hari Bhakti Adhiyaksa (HBA) ke-56 di kantor Kejaksaan Negeri Sumbawa berlangsung khidmat. Hadir dalam kegiatan pada 22 Juli 2016 ini, di antaranya Bupati Sumbawa HM Husni Djibril B.Sc, Bupati KSB Dr. Ir. H. W. Musyafirin MM, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dan Wakil Bupati KSB Fud Syaifuddin ST, Ketua DPRD KSB, pimpinan DPRd Sumbawa, Sekda Sumbawa, Kajari, Kapolres Sumbawa, Ketua PN Sumbawa serta sejumlah pejabat di dua kabupaten tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Paryono SH MH mengatakan di momen bersejarah ini jajarannya berkomitmen untuk meningkatkan integritas, profesionalisme dan disiplin menuju kejaksaan yang mumpuni, mandiri dan terpuji sebagaimana tema HBA pada tahun ini. HBA ini juga sebagai momentum mengevaluasi dan mengukur sejauhmana kejaksaan telah berkontribusi kepada daerah khususnya Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. Pihaknya senantiasa bertekad menjaga posisi mengawal program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya tindak pidana sekaligus mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai penerima manfaat dari pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Kajari HBA 1Salah satu bentuknya adalah adanya Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dan Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Khusus JMS, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan di Sumbawa dan Sumbawa Barat. Sedikitnya 35 sekolah yang dijamah yakni 18 di Sumbawa dan 17 di KSB. Dari sekolah ini terbentuk duta-duta Adhiyaksa yang menjadi agen kejaksaan dalam memberikan penyuluhan hukum kepada pelajar lainnya termasuk menfasilitasi segala persoalan hukum agar mendapat pemahaman dan wawasan. Untuk menjangkau sekolah ini, ada 5 personil yang diterjunkan. Jumlah sumberdaya ini sebenarnya sangat minim, namun untuk menyiasatinya kejaksaan memanfaatkan kecanggihan IT yakni menggunakan aplikasi Skype. “Kami bisa berkomunikasi dengan duta adhiyaksa melalui program Skype dengan sistem video call. Hanya menggunakan handphone interaksi bisa berlangsung. Ini kemudahan di tengah keterbatasan personil,” ujarnya bangga.

Baca Juga  Tahanan Pemesan Sambal Narkoba Terancam Hukuman Berlipat

Ia berharap apa yang dilakukan jajarannya memberikan konstribusi positif bagi pembangunan daerah. Tentunya dukungan semua pihak untuk bersama-sama menciptakan tata pemerintahan yang baik dan bersih bagi kemaslahatan umat.

Resepsi HBA merupakan acara puncak dari kemeriahan HBA yang digelar sejak 15 Juli lalu. Sebelumnya ungkap Ketua Panitia, Feddy Hantyo Nugroho SH berbagai perlombaan digelar melibatkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbawa. Di antaranya sepakbola daster, bulu tangkis dan bola volly. Selain kegiatan olahraga, juga digelar donor darah bekerjasama dengan UTD PMI, anjangsana ke Panti Muhammadiyah dan mengunjungi purnawirawan dan warakawuri kejaksaan sekaligus memberikan bantuan. Pelaksanaan HBA ini dilakukan secara sederhana, biaya murah, namun meriah. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.