Mahasiswa Metalurgi dan Material UTS Menimba Ilmu di Perusahaan Besar

oleh -39 views

JAKARTA, SR (22/07/2016)

Program Studi Metalurgi dan Material, Fakultas Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa (uts) menggelar study tour ke beberapa perusahaan yang memiliki bidang ilmu keterkaitan dengan metalurgi dan material. Kegiatan ini bertujuan selain mempererat kerjasama yang telah terjalin, meneropong kemungkinan peluang magang, juga memperoleh pengetahuan langsung dari realita tupoksi pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja yang berkeahlian di bidang metalurgi dan material. Ada beberapa perusahaan yang telah menjadi partners dan masuk dalam daftar kunjungan. Pada hari pertama, 20 Juli, mahasiswa yang didampingi salah seorang dosen sekaligus Rektor UTS, Andy Tirta Ph.D mengunjungi kawasan industri Cilegon Banten, tepatnya PT Krakatau Steel dan PT Multifabrication Gemilang. Dua perusahaan ini sangat berhubungan erat dengan ilmu yang dipelajari dalam Teknik Metalurgi dan Material.

Metalurgi UTSMetalurgi UTS 1Di sana rombongan disambut Bagian Humas PT Krakatau Steel yang beralamat di Jalan Industri No. 3, Ramanuju, Cilegon, Banten. Para mahasiswa disajikan sekilas film pendek tentang Krakatau Steel sekaligus mendapat penjelasan mengenai sejarah berdirinya perusahaan dan alasan keberadaannya di Cilegon termasuk perusahaan mana saja yang menjadi joint venture dengan PT Krakatau Steel. Mahasiswa juga menyempatkan diri melihat secara langsung proses produksi di Hot Strip Mill yang merupakan proses untuk mengubah produk steel slab menjadi hot rolled coil dan dilanjutkan menuju Cold Rolling Mill untuk mengubah Hot Rolled Coil menjadi Cold Rolled Coil/Sheet yang siap untuk dipasarkan.

Baca Juga  Kartini Juga Mengaji

Dari PT Krakatau, mahasiswa bergeser ke PT Multifabrication Gemilang—perusahaan yang bergerak di bidang fabrikasi dan telah memiliki sertifikat ASME (American Society of Mechanical Engineering). Disini rombongan disambut Manager Produksi, Tuwuh Wijanarko serta Kepala Bagian K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Amelia Muhammad. Seperti halnya Krakatau, mahasiswa juga mendapat penjelasan singkat segala hal tentang PT Multifab. Mahasiswa juga diajak ke pabrik PT Multifab untuk melihat proses produksi. Dari dua perusahaan ini, mahasiswa dapat menyaksikan implementasi dari ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD