SMAN 1 Plampang Bangun Mental Siswa Baru Melalui MOS

oleh -29 views

SUMBAWA BESAR, SR (21/07/2016)

Tak kenal maka tak sayang. Itulah yang diajarkan SMA Negeri 1 Plampang kepada 276 siswa barunya pada Masa Orientasi Sekolah (MOS). Kegiatan tersebut bertujuan untuk pengenalan lingkungan sekolah (PLS). Selain itu adanya interaksi guru dan siswa sehingga terjalin komunikasi yang harmonis antar keduanya. Dalam masa orientasi ini juga siswa diajarkan untuk bersikap teliti. Salah satunya mereka diminta untuk menulis nama-nama guru. Namun masih banyak siswa yang melakukan kesalahan. Untuk diketahui, MOS pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada plocoan apalagi tindakan kekerasan kakak pendamping dengan juniornya yang merupakan siswa baru. Semua kebiasaan atau tradisi masa lalu dilarang keras untuk diterapkan saat ini.

Kepala SMAN 1 Plampang, Afendi S.Pd M.Pd
Kepala SMAN 1 Plampang, Afendi S.Pd M.Pd

Kepala SMAN 1 Plampang, Afendi S.Pd M.Pd yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/7) mengatakan PLS ini dilaksanakan selama tiga hari, 18—20 Juli 2016. Ia memastikan tidak ada lagi plocoan terhadap siswa baru. Pihaknya harus patuh terhadap larangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dinas Diknas kabupaten/kota.

Sementara Wakasek Bidang Kurikulum, Sophan Syahbasa, S.Pd berharap dari MOS ini para siswa baru dapat mengenal lingkungan tempatnya menimba ilmu di samping para guru yang mengajar mereka. Kegiatan ini merupakan upaya untuk membangun mental maupun kedisiplinan anak didik. (BUR/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  TAGANA se-Pulau Sumbawa Ikut Latsar di Semongkat