Puluhan Surfer Dunia Ramaikan ASC di KSB

oleh -17 views

SUMBAWA BARAT, SR (18/07/2016)

Pemukulan gong oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. Musyafirin MM menandai dibukanya secara resmi event Asian Surfing Championship (ASC) 2016. Hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Fud Syaifuddin ST dan Senior Manager SR PTNNT Ir H Syarafuddin Jarot, beserta unsure Forkopimda dan sejumlah kepala SPKD. Event dunia hasil kerjasama PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dan Pemda KSB ini diikuti puluhan surfer dari berbagai negara. Kegiatan tersebut digelar Pantai Lawar Sekongkang dan Pantai Balas, Maluk, dari 16 Juli hingga 20 Juli mendatang. “Ada 60 peserta ikut dalam seri ketiga ASC Pro Tour. Dari 60 peserta ini, 40 di antaranya berasal dari Bali, Jawa Barat, Swiss, Jerman, Filipina, Jepang, Australia dan Amerika, sisanya 20 orang dari NTB termasuk 7 surfer KSB,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbawa Barat, H Taufiqurrahman S.Ip MM saat menyampaikan laporannya.

Surfing KSB 1

Pemukulan Gong oleh Bupati KSB untuk pembukaan ASC 2016
Pemukulan Gong oleh Bupati KSB untuk pembukaan ASC 2016

ASC ini bagian dari promosi wisata Sumbawa Barat, selain Paralayang di Bukit Mantar yang telah diakui secara nasional. Dengan dua event tersebut, diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan di NTB khususnya KSB. “Ini bentuk promosi yang kami laksanakan dengan mendapat dukungan penuh PT Newmont. Kami berharap dari dua event bergengsi (surfing dan paralayang) KSB bisa lebih dikenal di seluruh Indonesia bahkan dunia,” ucapnya.

Senior Manager Social Ressponsibility PTNNT, Ir H Syarafuddin Jarot menilai ASC merupakan event yang sangat spektakuler dan belum pernah dilaksanakan selama ini. Kegiatan ini dilaksanakan melalui program social responsibility PTNNT yang menjalin kerjasama dengan Pemda Sumbawa melalui Dinas Pariwisata. Dengan melihat potensi luar biasa yang dimiliki KSB, menjadi dasar digelarnya ASC. “Selama ini para peselancar dunia pernah datang di pantai ini dan belum pernah kembali lagi. Dan tahun ini mereka kembali lagi karena ada sesuatu dan inisiatif untuk mempromosikan potensi yang dimiliki KSB ini ke dunia internasional,” kata Haji Jarot.

Baca Juga  Sungai Meluap Rendam Lima Desa, 100 Warga Mengungsi
Manager SR PTNNT, Syarafuddin Jarot
Manager SR PTNNT, Syarafuddin Jarot

Untuk mempertahankan daya tarik ini, Ia meminta masyarakat untuk menjaga keamanan, keselamatan dan kebersihan lingkungan sehingga para peselancar dunia betah dan merasa nyaman. Ketika masyarakat membuat hal yang menyinggung dan membuat tidak nyaman, dapat dipastikan mereka tidak akan balik dan sulit untuk diajak kembali. “Mari kita bergandengan tangan untuk mengembangkan wisata KSB menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi para wisatawan,” ajaknya.

Sementara Bupati KSB, Dr. Ir. H. Musyafirin MM menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dalam menyukseskan terlaksananya event dunia di KSB ini. Mengingat animo dan potensi wisata yang berdampak positif bagi kehidupan perekonomian masyarakat dan daerah, Bupati menyatakan, kegiatan surfing ini harus terus terlaksana dengan kualitas event dan kuantitas peserta yang terus meningkat. “Setiap tahunnya kegiatan ini harus dilaksanakan. Dan Pemda siap untuk membiayainya berapapun besarnya,” cetus Bupati.

Untuk itu kerjasama dari semua pihak sangat dibutuhkan terutama SPKD terkait bagaimana pengembangan pariwisata bisa lebih maju. Penyiapan infrastruktur dan proses perijinan yang dipermudah menjadi salah satu upaya dalam mendukung kegiatan dimaksud. (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.