Jaga Keutuhan NKRI, Dandim Bina Aparatur Pemerintah

oleh -1 views

SUMBAWA BESAR, SR (14/07/2016)

Menjaga pertahanan dan keutuhan NKRI menjadi harga mati. Semangat nasionalisme ini harus tertanam dan terpatri di dalam sanubari setiap elemen bangsa. Inilah salah satu upaya Kodim 1607 Sumbawa menggelar kegiatan Pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos) terhadap aparatur pemerintah di Kabupaten Sumbawa, Kamis (14/7). Hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan di Makodim 1607 Sumbawa ini di antaranya Bupati Sumbawa diwakili Asisten I Setda Sumbawa, kepolisian, SKPD, dan beberapa organisasi pemuda seperti KNPI, Pramuka, PMII, dan pelajar.

Dandim 1607 Sumbawa, Letkol ARH Sumanto S.Sos dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun karakter bangsa bagi ketahanan wilayah, serta memperkuat jalinan silaturahmi antara TNI khususnya di wilayah Kodim 1607 dengan komponen masyarakat dan aparat pemerintah daerah. Komunikasi sosial merupakan wadah untuk berinteraksi secara harmonis, saling memberi dan menerima pendapat serta ide-ide positif yang membangun, sehingga timbul saling pengertian tentang peran, tugas, dan fungsi masing-masing. Melalui Komsos ini pula diharapkan dapat mencapai kesamaan pemahaman serta menghasilkan berbagai pemikiran cemerlang, sebagai solusi terbaik demi peningkatan kerjasama dalam rangka membangun karakter bangsa guna optimalisasi sistem pertahanan wilayah NKRI.

TNI ungkap Dandim, memiliki tugas pokok selain OMP dan OMSP sesuai UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Salah satunya adalah pembinaan wilayah darat dengan metode komunikasi social baik terhadap masyarakat maupun aparat pemerintahan. Pihaknya sengaja mengundang beberapa organisasi pemuda sebab kedepan akan ada program TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) yang akan melibatkan banyak elemen secara terpadu. “Kami ingin semua elemen ini bersinergi dengan TNI, untuk menyukseskan program–program pemerintah,” ujar Dandim.

Baca Juga  Jaga Kamtibmas dan Cegah Klaster Pasar, Polres Gandeng Satpol PP Gelar Patroli

Untuk diketahui kegiatan Komsos ini diselingi dengan tanya jawab terkait perkembangan lingkungan, isu-isu politik menjelang pemilihan kepala desa serentak pada Agustus mendatang, ekonomi global, terorisme, demokratisasi, lingkungan hidup, ketahanan pangan, maraknya kasus pelecehan seksual, penganiayaan hingga menghilangkan nyawa seseorang, dan maraknya peredaran narkoba. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD