Sumbawa Bebas Vaksin Palsu

oleh -132 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (02/07/2016)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Drs Didi Darsani A.Pt mengatakan bahwa Sumbawa bebas vaksin palsu. Hal ini mengingat pengadaan vaksin untuk Kabupaten Sumbawa melalui Kementerian Kesehatan. “Kemenkes melakukan pengadaan vaksin melalui jalur resmi yaitu Biofarma—perusahaan satu-satunya di Indonesia yang memproduksi vaksin. Sepanjang pengadaannya melalui jalur resmi bisa dijamin bahwa tidak ada vaksin palsu,” kata Didi—akrab pejabat ini disapa kepada SAMAWAREA di sela-sela Buka Puasa Bersama di kediaman Wakil Bupati Sumbawa, Sabtu (2/7).

Kadikes, Didi Darsani memberikan vaksin polio kepada balita saat Pekan Imunisasi Nasional beberapa bulan lalu
Kadikes, Didi Darsani memberikan vaksin polio kepada balita saat Pekan Imunisasi Nasional beberapa bulan lalu

Beredarnya vaksin palsu ini ungkap Didi, biasanya menyasar institusi swasta karena pengadaannya tidak terikat e-catalog. Berbeda dengan rumah sakit milik pemerintah yang melalui resmi dan pengadaan melalui e-catalog yang tersedia di Biofarma. Meski aman dari vaksin palsu, lanjut Didi, pihaknya tetap melakukan pengawasan dengan turun ke lapangan mendatangi dokter praktek, apotik dan klinik swasta. Karenanya Ia menghimbau masyarakat untuk tidak risau dan harus merasa yakin sepanjang kegiatan vaksinasi dilaksanakan petugas melalui pelayanan pemerintah, dijamin asli. Dan vaksinasi ini sangat penting untuk immunitas agar anak-anak tidak terserang penyakit.

Baca Juga  Pecandu Narkoba di Sumbawa Didominasi Kalangan Pelajar

Seperti diberitakan, kasus vaksin palsu ini terungkap di Bekasi menyusul adanya laporan masyarakat tentang bayi yang meninggal dunia setelah diimunisasi. Hasil penyelidikan polisi akhirnya menangkap Rita Agustina (30) dan suaminya, Hidayat–pelaku pembuat vaksin palsu. Praktek ini digelutinya sejak Tahun 2003, artinya sudah berlangsung 13 tahun yang lalu. (JEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *