Pemda Sumbawa Sambut Positif PTNNT Dimiliki Pengusaha Nasional

oleh -7 views
Wakil Bupati Drs H Mahmud Abdullah dan Sekda Drs H Rasyidi

SUMBAWA BESAR, SR (01/07/2016)

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa menyambut positif penguasaan saham PTNNT oleh pengusaha dalam negeri. Seperti diketahui PTNNT kini telah dikuasai PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi). Perusahaan milik Arifin Panigoro ini telah resmi mengumumkan menyetujui untuk mengakuisisi saham PT Amman Mineral Internasional (AMI) yang mengendalikan 82,2 persen dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dengan nilai USD2,6 miliar. “Kita menyambut secara positif karena pembelian ini menunjukkan kepemilikan saham untuk dalam negeri semakin besar, sehingga kebijakannya pun nanti akan memihak kepada kepentingan rakyat Indonesia. Jika dulu saham terbesar dimiliki pihak asing, kebijakan tidak sebaik yang diharapkan, dan berbeda ketika nantinya secara mayoritas dikendalikan putra-putra Indonesia. Tentunya Ia berharap dengan kepemilikan yang baru ini permasalahan daerah terkait pemberdayaan masyarakat dan program-program pembangunan yang menjadi kewajiban perusahaan sebagai bentuk tanggung social di daerah tempatnya berinvestasi lebih baik dari sebelumnya.

Disinggung mengenai deviden dari saham yang dimiliki daerah yang hingga kini belum diberikan, Haji Rasyidi yang juga salah satu Komisaris PT Daerah Maju Bersaing (DMB)—perusahaan konsorsium tiga daerah (Sumbawa, KSB dan Pemprov NTB) mengakui hal itu. Dengan beralihnya saham ke pihak Grup Arifin Panigoro, ungkap Sekda, hak daerah pasti tetap ada. Pastinya ada kebijakan-kebijakan baru terkait deviden ini yang akan diatur oleh pemilik saham baru tersebut. “Hak-hak kita tetap ada. Hanya ketika terjadi perubahan kepemilikan sahan otomatis aka ada kebijakan lain apakah mau diperpanjang atau semua yang tidak dibagi itu dibagi habis kemudian nanti ada periode baru. Jadi tidak mungkin tidak diurus atau tidak diatur karena otomatis pemegang saham yang dulu pasti menginginkan bagian mereka dari hasil kerja sepanjang mereka memiliki saham itu,” kata Sekda.

Baca Juga  UTS Siap Diback-up Basis Industri yang Kuat

Bagaimana dengan kesepakatan tiga daerah (Sumbawa, KSB dan Pemprov) untuk menjual saham ? Sekda menyatakan tidak ada pengaruhnya karena sudah ada persetujuan Bupati Sumbawa, Bupati KSB, Gubernur NTB dan DPRD untuk menjual saham milik daerah ini. Berdasarkan pertimbangan dari berbagai sektor, bahwa kepemilikan saham Newmont ini tentu sangat berdampak terhadap perkembangan perusahaan tersebut akhir-akhir ini. “Bagi kita sepanjang keputusan menjual saham itu menguntungkan dan membawa manfaat yang lebih besar buat tiga daerah ini, kenapa tidak. Asalkan harganya sesuai dengan harapan. Karena dari hasil itu nanti akan kita investasikan ke hal-hal yang lebih positif untuk pembangunan daerah di masa mendatang,” ujarnya.

Namun demikian Ia berharap dengan peralihan kepemilikan saham ini, pemberdayaan masyarakat terutama dalam perekrutan tenaga kerja lokal Sumbawa, Sumbawa Barat dan NTB, porsinya lebih besar. “Kita berharap pemilik saham mayoritas yang baru dapat memberikan konstribusinya secara  maksimal kepada daerah dan masyarakat. Tidak sebaliknya justru pemilik saham sebelumnya lebih baik dari saat ini,” timpal Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah.

Selain itu Wabup juga berharap agar ada kebijakan baru untuk melanjutkan investasinya di Dodo Rinti. Dengan geliatnya pertambangan di daerah tersebut akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (JEN/SR)

No More Posts Available.

No more pages to load.