Reses di Batu Lanteh, Abi Mang Prioritaskan Infrastruktur

oleh -15 views

SUMBAWA BESAR, SR (01/07/2016)

Pembangunan infrastruktur menjadi usulan utama yang mengemuka pada kegiatan reses Dr. Drs. A. Rahman Alamudy SH., M.Si—salah satu pimpinan DPRD Sumbawa selama beberapa hari ini. Sebagai representasi rakyat di Daerah Pemilihan (Dapil) III Sumbawa meliputi Kecamatan Batu Lanteh, Unter Iwis dan Kecamatan Badas, Abi Mang—akrab politisi gaek ini disapa, menyambangi masyarakat terutama konstituennya di Kecamatan Batu Lanteh. Meski berada tidak jauh dari Kota Sumbawa Besar, namun Batu Lanteh dinilai masih tertinggal dibandingkan kecamatan lainnya. Hal ini disebabkan infrastruktur yang belum memadai terutama jalan. Karenanya Abi Mang berkewajiban untuk menyerap aspirasi dan memperjuangkannya agar dapat direalisasikan.

Reses Abi Mang 4Dalam kesempatan itu, Camat Batu Lanteh, M Nawawi S.Sos meminta pembangunan infrastruktur jalan dapat dilanjutkan, karena masih ada beberapa desa di kecamatan tersebut yang masih terisolir. Meski daerah ini kaya dengan hasil pertanian dan perkebunan namun tidak menjamin terjadinya peningkatan kesejahteraan. Justru perkembangan ekonomi masyarakat menjadi lamban karena terkendala mobilisasi dan transportasi akibat akses jalan yang tidak memadai. “Kondisi jalan belum di aspal, dan rusak berat dengan medan yang sulit, menyebabkan cost yang tinggi karena arus barang dan jasa tidak lancar,” ungkapnya.

Selain soal jalan, Camat juga meminta Abi Mang dapat mengupayakan untuk menghidupkan kembali destinasi pariwisata di wilayahnya yang pernah menjadi andalan daerah. Salah satunya permandian Semongkat. Karena kurangnya fasilitas dan sarana yang ada tidak terpelihara, menjadikan destinasi itu tinggal kenangan. Padahal dengan geliatnya pariwisata tersebut mampu menggerakan roda perekonomian masyarakat setempat. Selain pariwisata, Batu Lanteh menjadi salah satu daerah agrowisata dengan potensi pertanian, perkebunan, dan peternakan yang luar biasa. Mengingat Batu Lanteh daerah dingin, berbagai jenis buah-buahan bisa tumbuh subur. Untuk itu Ia berharap kondisi masyarakat dan pembangunan di Batu Lanteh dapat menjadi salah satu skala prioritas untuk direalisasikan.  Masalah jalan juga disinggung Ketua BPD Kelungkung, Ramli. Di desanya terdapat tiga dusun namun tidak terjamah program prioritas yakni Jalan Semongkat—Sampar, Jalan Simpang Kelungkung dan rehab total Puskesmas Pembantu (Pustu) Kelungkung.

Baca Juga  Firin—Fud akan Legowo Jika Tidak Dicalonkan Partai Gerindra

Reses Abi Mang 2Reses Abi Mang 3Reses Abi Mang 1Kades Tepal tak mau ketinggalan. Dia berkeluh kesah soal rawannya longsor hingga menutupi badan jalan membuat akses transportasi terputus. Ia mengaku sudah menyampaikan permasalahan ini ke camat lalu ditindaklanjuti ke kabupaten, tapi sampai sekarang belum direspon. Keadaan ini yang menyebabkan beras miskin bantuan pemerintah harganya selangit, lebih mahal dari harga beras di pasaran. Karena untuk membawa raskin ke desanya biaya transportasinya sangat mahal.

Kemudian Kades Batu Dulang selain mengusulkan perbaikan jalan juga penerangan. Dia meminta agar terpasang tiang listrik permanen guna mengatasi kegelapan yang menyelimuti wilayahnya. Pihaknya telah bersurat ke Distamben dan sampai sekarang belum ditindaklanjuti. Di bagian lain Kades juga mengusulkan pengerasan jalan usaha tani (JUT) karena tidak terkafer APBDes. Demikian dengan pemasangan talut Lapangan Dusun Batu Bulan. Hal lainnya adalah persoalan Pustu Punik. Meski sudah terbangun namun fasilitas pendukung termasuk peralatan pustu belum ada. “Kami minta Lapangan Kelungkung diratakan agar terlihat indah dan representative. Kami juga minta alat musik dan kegiatan usaha lainnya untuk anak-anak muda di sini,” timpal Aminuddin, warga Desa Batu Dulang.

Menanggapi usulan tersebut, Abi Mang mengatakan, jalan di wilayah Batu Lanteh telah menjadi prioritas Dinas PU yang akan diupayakan melalui APBD Murni. “Kami akan memanggil Kadis PU agar segera melaksanakan apa yang menjadi prioritas,” kata anggota DPRD Sumbawa satu-satunya yang bergelar doktor. Untuk Pustu juga menjadi prioritas dalam rangka mendukung terpenuhinya hak dasar masyarakat di bidang kesehatan. Dalam kesempatan yang sama Abi Mang juga berjanji untuk membantu alat pertanian. Ia akan berkoordinasi dengan dinas tekhnis. “Insya Allah semua aspirasi masyarakat akan kami perjuangkan. Apa yang menjadi prioritas harus disegerakan, dan lainnya akan direalisasikan secara bertahap,” pungkas politisi Golkar ini. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.