XL Perkuat Kualitas Jaringan di Bandara Soekarno-Hatta

oleh -108 Dilihat

Implementasikan RDS Berteknologi Baru

JAKARTA, SR (30/06/2016)

PT XL Axiata Tbk (XL) telah mengimplementasikan perangkat Radio Dot System (RDS) berteknologi terbaru di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Perangkat canggih tersebut berfungsi memancarkan sinyal di dalam gedung dengan teknologi terbaru. Infrastruktur jaringan ini kini telah mampu melayani kebutuhan pelanggan XL dan masyarakat, di mana kenaikan trafik bakal terjadi seiring dengan kesibukan jelang libur Lebaran.

Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Bandara Soetta memang salah satu lokasi yang menjadi prioritas kami untuk menyajikan layanan yang maksimal. Apalagi Terminal 2 merupakan salah satu pintu utama bagi masyarakat dan tamu dari negara lain yang akan berkunjung ke Indonesia. Perangkat RDS yang kami pasang tersebut menggunakan teknologi terbaru, dengan berbagai keunggulan, dan baru XL yang menggunakannya di Indonesia.”

XL MBTS 1Ada sedikitnya 118 titik yang telah terpasang dengan small cell cenggih tersebut dalam gedung dengan luas jangkauan 220 ribu meter persegi. Satu perangkat bisa melayani hingga 96 pengguna 3G secara bersamaan dan 40 pengguna 4G secara bersamaan pada satu titik lokasi.

Keunggulan yang dimiliki dengan menggunakan teknologi active radio dan antena dibanding dengan perangkat sejenis versi lama antara lain adalah jangkauan atau coverage yang lebih luas, serta jaminan kualitas layanan yang jauh lebih besar melalui implementasi teknologi LTE MIMO 2×2 dan 3G Multi Carrier. Keunggulan lainnya adalah implementasi yang jauh lebih mudah, cepat, serta lebih fleksible. Selain itu juga lebih efisiensi dari sisi jangkauan dan throughput yang lebih tinggi.

Baca Juga  BNI Berbagi Sembako Murah untuk Keluarga TKI

XL akan mengimplementasikan perangkat small cell berteknologi terbaru ini untuk menggantikan perangkat lama yang memang sudah harus diperbarui. Selain di Bandara, perangkat baru ini sudah terpasang di sejumlah XL Center di Jakarta.

Kualitas jaringan di jalur mudik

Mengantisipasi lonjakan trafik di jalur utama mudik Lebaran, XL telah memastikan kualitas jaringannya. Terutama di sepanjang jalan tol yang telah menghubungkan secara tidak terputus dari Merak hingga Brebes Timur di Jawa Tengah, juga sepanjang Tol Purbaleunyi, dan jalan tol lain di berbagai daerah, sebagian besar ter-cover dengan kualitas layanan Data yang baik. Hanya beberapa lokasi yang kurang baik. Namun, sama sekali tidak ada blank spot  atau lokasi yang sama sekali tidak mendapatkan sinyal XL.

Bahkan, untuk jalan tol baru yang menghubungkan Pejagan hingga Brebes Timur, XL telah menempatkan mobile BTS (m-BTS) untuk memperkuat sinyal, selain juga ter-cover oleh sedikitnya 70 BTS di sepanjang jalur tersebut. Kualitas jaringan yang baik juga XL siapkan di sepanjang jalur Selatan Jawa, yang melalui Bandung – Tasik – Purwokero – Banyumas – Yogya – Solo – Madiun – Surabaya – Malang.  Titik-titik yang menjadi prioritas peningkatan kualitas jaringan antara lain adalah penyebrangan Merak-Bakheuni, Tol Cipali dan rest area di sepanjang tol tersebut, serta Tol Pejagan, serta kota- kota sepanjang jalur mudik.

Baca Juga  Jarot-Mokhlis Kembalikan Ai Limung Sebagai Sentra Sapi

Tentang XL

PT XL Axiata Tbk (XL) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL fokus menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak Desember 2014, XL telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE, yang dilanjutkan dengan pengembangan 4G LTE komersial skala nasional pada bulan Juli 2015.  XL merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan Celcom (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Ncell (Nepal), Idea (India), dan M1 (Singapore). (*)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *