Newmont Gelar Buka Puasa “Terakhir”

oleh -218 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (30/06/2016)

Buka puasa bersama PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dan insan pers di Kabupaten Sumbawa, Kamis (30/6) tadi malam, sepertinya menjadi yang terakhir bagi manajemen perusahaan tersebut. Pasalnya setelah berbuka puasa di Kantor Perwakilan PTNNT Sumbawa Besar ini, tersiar informasi PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) milik Konglomerat Nasional, Arifin Panigoro, telah resmi membeli perusahaan tambang emas asal Amerika tersebut. PT Medco mengumumkan bahwa perusahaan telah setuju untuk mengakuisisi saham PT Amman Mineral Internasional (AMI) yang mengendalikan 82,2 persen dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dengan nilai USD2,6 miliar. Artinya, PTNNT bakal berganti nama menjadi PT AMI.

Seperti yang dilansir Metronews TV.com, Presiden Direktur MedcoEnergi, Hilmi Panigoro mengatakan, AMI baru saja mengumumkan bahwa perusahaan telah membeli NNT dari Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation. Ini merupakan salah satu transaksi structured finance terbesar di Asia Tenggara tahun ini. Transaksi ini langsung memberikan nilai tambah terhadap MedcoEnergi karena operasi NNT skalanya sangat besar. “Transaksi ini secara langsung memberikan nilai tambah strategis terhadap MedcoEnergi, mengingat operasi NNT yang berskala dunia. Akuisisi ini akan memperkuat posisi MedcoEnergi sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen papan atas di Indonesia dan menegaskan komitmen kami untuk berkontribusi pada pembangunan nasional,” kata Hilmi dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis (30/6).

Baca Juga  Presiden Jokowi Serahkan 1.500 Sertifikat di Cilacap
Para jurnalis di Kabupaten Sumbawa
Para jurnalis di Kabupaten Sumbawa

Sementara itu, Komisaris MedcoEnergi Group, Muhammad Lutfi mengatakan transaksi ini bersifat strategis, bukan hanya bagi MedcoEnergi Group tapi juga karena menjadi dua preseden penting bagi Indonesia dan investor internasional. “Pertama, sebut Lutfi, transaksi ini membuktikan bahwa kolaborasi antara perusahaan Indonesia, bank-bank BUMN, pemerintah, dan masyarakat dapat menghadirkan solusi atas setiap permasalahan di tanah air,” ujar Lutfi.
Kedua, Lutfi menyebutkan, Newmont dan Sumitomo menjadi teladan baru bagi investor internasional di sektor sumber daya alam yang sangat kooperatif dan suportif dalam memenuhi aspirasi masyarakat. “Transaksi seperti ini akan menghadirkan berkah bagi semua pihak,” ucap Lutfi.

Hilmi juga menambahkan, MedcoEnergi Group dan AP Investment bekerjasama mengakuisisi saham di AMI dengan dukungan dari tiga bank BUMN, yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI dengan struktur transaksi berkelas dunia dan unik bagi perbankan Indonesia. “Saya bangga menyaksikan dan belajar langsung dari bankir-bankir terbaik Indonesia. Struktur transaksi berkelas dunia yang diterapkan tiga bank BUMN di sini diharapkan dapat menciptakan lebih banyak transaksi yang sama strategisnya di kemudian hari,” tambah Hilmi.

Baca Juga  Wagub NTB: Perempuan Aktor Strategis Melestarikan Bumi

Pendiri MedcoEnergi, Arifin Panigoro juga menyambut senang transaksi ini. Ia mengatakan MedcoEnergi Group telah menunjukkan karakter utamanya untuk menjadi pionir yang menciptakan standar baru baik untuk industri maupun untuk Indonesia. “Kami senantiasa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena visi yang selalu seirama dan dukungan yang luar biasa terhadap MedcoEnergi,” pungkas Arifin. (JEN/SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *