22 Tahun Lagi Newmont Beroperasi di Batu Hijau

oleh -1 views

SUMBAWA BESAR, SR (30/06/2016)

Sesuai Kontrak Karya (KK), PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) masih beroperasi hingga Tahun 2038. Berarti masih ada 22 tahun lagi perusahaan tambang emas dan tembaga raksasa ini mengakhiri kegiatannya di Pulau Sumbawa. Demikian disampaikan H Ruslan Ahmad, General Supervisor Site Communications PTNNT saat kegiatan buka puasa bersama sejumlah wartawan di Kantor Perwakilan PTNNT Sumbawa, Kamis (30/6).

Disebutkan Haji Ruslan—akrab mantan wartawan ini disapa, dalam sisa waktu tersebut ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan melalui program jangka panjangnya. Adalah program pengembangan masyarakat dengan anggaran rata-rata mencapai Rp 50 Milyar. Program ini di antaranya memastikan ketersediaan air bersih, listrik, infrastruktur, dan layanan kesehatan untuk masyarakat. Selain itu PTNNT akan mengembangkan kegiatan agroindustri dan kepariwisataan.

H Ruslan Ahmad, , General Supervisor Site Communications PTNNT saat buka puasa bersama wartawan
H Ruslan Ahmad, , General Supervisor Site Communications PTNNT saat buka puasa bersama wartawan

Untuk diketahui ungkap Haji Ruslan, kini PTNNT telah mengantongi izin eksport. Izin yang diterbitkan pemerintah akhir Mei 2016 ini akan berakhir enam bulan kemudian. PTNNT juga telah mengantongi izin tailing dengan masa berlaku hingga 5 tahun. Meski demikian kegiatan PTNNT masih belum dilanjutkan ke fase 7 (pengupasan batuan penutup) dengan kedalaman 240 meter di bawah permukaan laut dengan lubang pit berdiameter 2,5 kilometer . Untuk melaksanakan kegiatan tersebut membutuhkan banyak dana, sementara harga logam mulia yang kondisinya tidak menentu. Namun demikian diperkirakan Fase 7 yang tertunda ini akan dilanjutkan Januari 2017. “Insya Allah jika tidak ada hambatan, Fase 7 akan dilaksanakan Januari mendatang. ” ujarnya.

Baca Juga  Parkir Ganggu Fungsi Jalan Dapat Dipidana

Menyinggung hubungan kemitraan PTNNT dengan wartawan terutama di wilayah Kabupaten Sumbawa, Haji Ruslan mengakui sangat bagus. Jalinan yang sangat strategis ini sangat mendukung keberlangsungan perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya hingga saat ini. “Kami berharap hubungan yang baik ini dapat ditingkatkan di masa-masa mendatang,” demikian Haji Ruslan. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD