Membentuk Mindset ASN Berorientasi pada Kepuasaan Pelanggan

oleh -16 views

Ceramah Umum Dr Hasanudin Abdurakhman

SUMBAWA BESAR, SR (28/06/2016)

General Manager for Business Development PT Toray Industries Indonesia, Dr Hasanuddin Abdurakhman berkesempatan mengunjungi Kabupaten Sumbawa. Kunjungan itu dimanfaatkan untuk memberi ceramah umum dengan tema “Membentuk Mindset Aparatur Sipil Negara yang Berorientasi pada Kepuasan Pelanggan”. Kegiatan yang digelar di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (28/6), diikuti pimpinan SKPD, pejabat eselon III dan IV.

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan, sejak memasuki era reformasi tahun 1998, birokrasi mulai dituntut untuk meningkatkan integritasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Langkah yang dilakukan pemerintah untuk memenuhi tuntutan publik tersebut adalah melalui pelaksanaan reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi bukan sekedar kewajiban bagi aparatur pemerintahan, namun sudah menjadi kebutuhan dan tuntutan dari dunia usaha dan masyarakat secara umum. Pelaksanaan reformasi birokrasi di Kabupaten Sumbawa telah dijalankan sejak tahun 2012 dan telah ditetapkan sebagai pilot project reformasi birokrasi pemerintah daerah pada tahun 2013. Dalam kurun waktu 5 tahun sejak ditetapkannya roadmap reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Sumbawa tahap I (2012-2016), telah cukup banyak upaya perubahan dan keberhasilan yang dicapai dalam delapan area perubahan reformasi birokrasi maupun program percepatan quick wins. Capaian tersebut secara umum dapat dilihat dari tiga sasaran reformasi birokrasi yaitu terwujudnya pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) dengan indikator Opini BPK atas laporan keuangan adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang secara berturut-turut tiga tahun telah meraih predikat tersebut. Selanjutnya, terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat dengan indikator integritas pelayanan publik cukup baik, melalui pelaksanaan survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) yang dilaksanakan sejak tahun 2010 terhadap unit pelayanan publik dengan hasil rata-rata cukup baik, meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi dengan indikator indeks efektivitas pemerintahan dan indeks pemerintah yang akuntabel. Hal ini dapat dilihat dari peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah berada pada peringkat pertama se-Provinsi Nusa Tenggara Barat dan peringkat 32 secara nasional dari 398 Kabupaten se-Indonesia.

Baca Juga  Ratusan Warga NTB di Papua Aman dan Terpantau

Namun demikian lanjut Bupati Sumbawa, sejalan dengan perjalanan waktu tuntutan terhadap aparatur sipil negara untuk terus berbenah dalam memenuhi harapan masyarakat harus terus dilakukan. Apa yang disampaikan Dr. Hasanudin Abdurakhman menyangkut pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasaan pelanggan sangat bermanfaat dalam memperluas wawasan untuk memahami esensi dari penyelenggaraan pelayanan publik. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD