XL Dukung Pembentukan IDPRO

oleh -224 Dilihat

Siap Angkat Potensi Industri Data Center di Sumatera dan Kalimantan

JAKARTA, SR (27/06/2016)

Seiring dengan berkembangnya industry dan kebutuhan data center di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL) beserta beberapa penyelenggara data center di Indonesia, yakni DCI, Elitery, GTN, Nexcenter, dan Telkomsigma serta didukung oleh kelompok akademisi dari Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Universitas Indonesia, sepakat untuk mendirikan dan meresmikan Asosiasi Penyelenggara Data Center Indonesia atau dikenal juga dengan nama Indonesia Data Center Provider Organizaton (IDPRO). Peresmian ini ditandai dengan konferensi pers yang bertempat di Gedung Menara Prima, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (22/6) lalu.

Beberapa tahun terakhir industri data center Indonesia tumbuh sangat pesat. Seiring dengan jumlah pengguna yang terus meningkat, kebutuhan akan data center berkualitas di Indonesia juga ikut bertambah. IDPRO dibentuk untuk menghimpun dan mengkoordinasikan seluruh potensi yang ada di industri data center di Negara ini demi mendorong kemajuan dunia informasi dan teknologi di Indonesia. IDPRO juga sekaligus sebagai sarana untuk mendukung program-program pemerintah terkait industry ini terutama dalam lingkup implementasi dari PeraturanPemerintah (PP) No. 82 Tahun 2012.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua IDPRO, Prof. DR. Kalamullah Ramli, yang mengatakan, “PP No. 82 Tahun 2012 telah member jalan bagi industri data center untuk tumbuh kian pesat. Meski demikian, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Ini merupakan salah satu alasan kenapa IDPRO dibentuk. Melalui asosiasi ini, para pelaku bisnis Data Center di Indonesia bisa saling mendukung satu sama lain, juga mempermudah koordinasi, baik dengan pemerintah, investor, ataupun sesame pebisnis Data Center”.

Baca Juga  5 Rekomendasi Rice Cooker Philips Terbaru Lengkap dengan Harga

Raffael Jeffry A. Sani, VP Digital Services , PT. XL Axiata, Tbk (XL), Raffael Jeffry A. Sani menambahkan, “XL sebagai salah satu founders dari IDPRO menyambut gembira berdirinya asosiasi ini. Kami percaya asosiasi ini dapat mempercepat pembangunan ekosistem bisnis data center yang berkelanjutan di Negara ini. XL sendiri akan terus aktif berperan dalam asosiasi ini terutama dalam membangun ekosistem industry bisnis data center yang handal untuk daerah-daerah di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan nantinya.”

Selain menjadi wadah untuk menyediakan layanan berkualitas, IDPRO diharapkan dapat mendukung terciptanya peluang bisnis pengelolaan Data Center, melalui penyediaan sarana dan layanan pendukungnya. IDPRO juga diharapkan untuk ikut andil dalam mengembangkan potensi industri Data Center Indonesia kedepannya, mencakup penyempurnaan system teknologi hingga ke kegiatan penyusunan standarisasi data center Indonesia serta sertifikasi para profesional yang terlibat di dalamnya.

Untuk menjadi anggota, IDPRO tidak menerapkan syarat yang sulit. Setiap badan usaha yang didirikan berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta bergerak dalam bidang pengelolaan pelayanan, atau penyediaan infrastruktur Data Center termasuk juga cCloud, sudah memenuhi syarat untuk menjadi anggota asosiasi ini. Disamping itu, IDPRO juga terbuka bagi institusi pemerintahan maupun pendidikan yang dalam kesehariannya terkait erat dengan layanan data center yang ada. IDRPO juga membuka diri dan mengundang para professional untuk bergabung dan berkontribusi demi memajukan industry ini agar dapat mewujudkan Indonesia sebagai the Biggest Digital Nation in the Region.

Baca Juga  Pengurus BAZDA Dilantik, Garap Potensi Zakat untuk Umat

Sebagai bagian dari IDPRO dan penyedia jasa Data Center, saat ini XL telah memiliki 4 Data Center, yaitu XL Data Center Balikpapan-Gunung Rambutan merupakan Data Center pertama di Indonesia dengan konsep modular, Data Center Surabaya-Kali Rungkut, Data Center Pekanbaru–Arengka, dan Data Center Jakarta-Bintaro. Ke-4 Data Center XL ini merupakan data center netral dan menyiapkan layanan cloud, collocation, dan Disaster Recovery Center (DRC).

Tim Cloud & Data Center XL juga telah memperoleh sertifikasi internasional ISO/IEC 9001, ISO/IEC 20000-1, ISO/IEC 27001, dan Uptime Tier III Design. Infrastruktur yang ada juga merupakan backbone bagi solusi-solusi XL Digital Services yang terus tumbuh dan berkembang seperti layanan Internet of Thing (IoT) dan juga program XL Xmart Village. (*)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *