Jelang Lebaran, Waspadai Peredaran Uang Palsu

oleh

SUMBAWA BESAR, SR (27/06/2016)

Lebaran Idul Fitri tinggal menghitung hari. Berbagai aktivitas masyarakat mulai padat, mulai jual beli untuk kebutuhan lebaran hingga transaksi penukaran uang. Biasanya momen ini dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk mengedarkan uang palsu. Karena itu jajaran kepolisian Polres Sumbawa menghimbau masyarakat untuk waspada. “Kejahatan itu terjadi karena ada niat dan kesempatan pelakunya. Dan kejahatan bisa menimpa siapa saja,” kata Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK kepada SAMAWAREA, Senin (27/6).

Sejauh ini diakui Kapolres, belum ada laporan terkait uang palsu ini, namun bukan berarti tidak akan ada. Karenanya sangat diperlukan pengetahuan masyarakat terhadap ciri-ciri uang palsu. Secara umum, uang palsu atau asli dapat dikenali dengan cara dilihat, diraba dan diterawang (3D). Dan paling penting tidak melakukan transaksi penukaran uang dari orang ke orang pada malam hari. Masyarakat sangat dianjurkan menukarkan uang di bank.

Selain peredaran uang palsu, Kapolres juga menghimbau masyarakat untuk mewaspadai tindak criminal lainnya seperti curanmor yang cukup marak, pencurian dan perampokan. Masyarakat diharapkan untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok dan memarkir kendaraannya di tempat yang cukup aman. (JEN/SR)Iklan kamtibmas

Amman Mineral Amman Mineral
Baca Juga  Ambil Paket 3 Kilogram Ganja, 5 Orang Diringkus di Tiga TKP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.