Belasan Ketua RT di Labu Mapin Diperiksa Polisi

oleh -16 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/06/2016)

Setelah Penjabat Kades dan Sekdes, kini giliran Ketua RT/RW di wilayah Desa Labuan Mapin Kecamatan Alas Barat, dipanggil polisi. Namun dari 27 ketua RT/RW yang dipanggil, hanya 14 orang yang hadir untuk memberikan keterangan kepada penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa, belum lama ini. Kehadiran belasan perangkat desa ini cukup menarik perhatian. Pasalnya mereka mengenakan pakaian seragam. Pakaian yang dikenakan inilah yang dibeli dari Dana Desa Labuan Mapin Tahun 2015 yang menjadi item laporan yang sedang diselidiki polisi. Satu per satu mereka dimintai keterangan dan menyita waktu yang cukup lama.

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK, mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan ada dan tidaknya unsur pidana dari laporan dugaan penyimpangan penggunaan dana desa tersebut. Pihaknya masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi terkait karena ada beberapa item penggunaan dana desa tersebut yang dipermasalahkan di antaranya pembelian lahan kuburan, pakaian perangkat desa, dan pemasangan paving block. “Kita akan cek item itu satu per satu,” katanya.

Untuk pemeriksaan sejumlah ketua RT/RW, pihaknya menanyakan soal pembelian pakaian seragam. Rencananya 13 ketua RT/RW yang tidak hadir akan kembali dipanggil. Selain itu pihaknya berencana turun ke lapangan untuk mengecek lokasi pemasangan paving block, serta luas tanah kuburan yang dibeli dari dana desa dimaksud.

Baca Juga  Simpan Handak, Warga Kaung Ditangkap Polisi

Seperti diberitakan, berdasarkan laporan dana desa yang dipersoalkan masyarakat adalah penggunaannya pada Tahun 2015 lalu. Seperti pemasangan paving blok di Dusun Bajo dan Dusun Sanggrahan. Yang dikerjakan hanya di Dusun Sanggrahan. Kemudian pembelian lahan untuk pemakaman umum sebesar Rp 70 juta padahal pengakuan pemilik lahan hanya Rp 5 juta. Apalagi sertifikat lahan yang seharusnya mengatasnamakan desa justru dijadikan atas nama pribadi.(JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.