Sumbawa Berpeluang Kembali Raih Wahana Tata Nugraha

oleh -14 views
Ketua Tim Penilai Wahana Tata Nugraha, Yulie Wulandari SE

SUMBAWA BESAR, SR (21/06/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa kembali menyambut kedatangan Tim Penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2016. Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Dan selama tiga tahun berturut-turut Kabupaten Sumbawa berhasil mendapat WTN. Rombongan Tim penilai dari Kementerian Perhubungan RI ini disambut Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah didampingi anggota Forkopimda, para Kepala SKPD terkait, dan Ketua Organda di ruang rapat lantai I Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (21/6) siang tadi.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutan menyampaikan ungkapan terimakasih kepada pemerintah pusat yang memberikan bantuan untuk menata Kabupaten Sumbawa. “Kami Pemerintah Daerah bersama Forkopimda berkomitmen agar tingkat kecelakaan lalulintas di Kabupaten Sumbawa bisa ditekan. Dengan kedatangan tim penilai dari Jakarta, harapannya dapat membantu agar dapat merekomendasikan Kabupaten Sumbawa bisa memperoleh dana bantuan untuk membangun daerah kami ini,” pinta Haji Mo’—akrab Wabup disapa.

Kota Sumbawa Besar
Kota Sumbawa Besar

Kadiskominfo Kabupaten Sumbawa, H Burhan, SH.,MH dalam paparannya melaporkan, visi dinasnya yaitu terwujudnya pelayanan transportasi, komunikasi dan informasi yang hebat dan bermartabat. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa sudah bisa memenuhi sarana transportasi ke daerah–daerah pelosok yang ada di sejumlah kecamatan. Sudah ada 24 armada DAMRI yang melayani masyarakat desa, dan 6 armada DAMRI di daerah terpencil atau desa perintis. Penyediaan jasa transportasi ini dilakukan guna memberi rasa nyaman, keamanan, serta tertib kepada masyarakat yang dikoordinasikan dengan pihak Polres. Dengan lancarnya transportasi, diharapkan Kabupaten Sumbawa tidak akan tertinggal dari kota–kota besar lainnya. Ia juga melaporkan sejumlah tempat telah dipasang atribut lalulintas di antaranya rambu–rambu, zona selamat sekolah, zebra cross, marka jalan, halte, serta pos pantau kendaraan besar. Pada Tahun 2016 ini juga telah dianggarkan pembangunan 4 portal.

Baca Juga  NTB Hari Ini: 3 Positif Covid, 16 Negatif
Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP
Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP

Sementara Ketua Tim Penilai Wahana Tata Nugraha, Yulie Wulandari SE menyampaikan bahwa penilaian Wahana Tata Nugraha dilatarbelakangi membangun dan mewujudkan kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan. Tujuannya untuk meningkatkan penyelenggaraan transportasi yang handal dan berkelanjutan demi keselamatan lalulintas. Beberapa tahap penilaian yang akan dilakukan di antaranya penilaian administrasi, tekhnis dan operasional sarana, prasarana, dan keselamatan, serta komitmen pemerintah daerah. “Ini penilain kedua dan kami melihat sudah cukup bagus,” katanya saat dicegat SAMAWAREA.

Sementara Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP, mengaku telah memberikan masukan kepada leading sector terkait untuk melakukan pembenahan sejumlah tempat terutama titik-titik yang tidak dilengkapi dengan rambu-rambu. Selain itu melakukan penertiban trotoar dengan mengembalikan fungsinya sebagai tempat pejalan kaki. Demikian dengan sarana prasarana lainnya dapat dilengkapi sehingga memenuhi persyaratan tekhnis sesuai penilaian tim dari pusat. Ia berharap dengan upaya dan kerja keras semua pihak, Kabupaten Sumbawa menjadi daerah aman dan tertib yang ditandai dengan kembali diperoleh penghargaan Wahana Tata Nugraha pada tahun ini. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.