Malam Ini, Tersangka Rumah Adat ke Pengadilan Tipikor

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (16/06/2016)

Tersangka kasus Rumah Adat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Yahya Soud, Kamis (16/6) malam ini dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Mataram. Pelimpahan ini dilakukan menyusul berkas perkaranya dinyatakan lengkap dan akan segera menggelar persidangan perdananya. Artinya penanganan kasus ini oleh pihak Kejaksaan Negeri Sumbawa telah tuntas. Namun pelimpahan ini dilakukan di tengah gugatan praperadilan terhadap Kajari Sumbawa yang dilayangkan Yahya Soud melalui kuasa hukumnya, Indi Suryadi SH, sedang berproses di Pengadilan Negeri Sumbawa Besar.

Kajari Sumbawa, Paryono SH MH yang dicegat SAMAWAREA usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Sumbawa, Kamis (16/6), memastikan jika pelimpahan tersangka kasus Rumah Adat KSB akan dilakukan malam ini. “Kita limpahkan ke pengadilan Tipikor mala mini,” kata Kajari Paryono.

Pelimpahan ini tidak ada kaitan dan pengaruhnya dengan gugatan praperadilan yang dilayangkan tersangka. Melainkan berkas perkaranya sudah dinyatakan tuntas. Justru pelimpahan berkas dan tersangka ini akan menggugurkan proses PP yang sedang berlangsung.

Untuk diketahui, ungkap Kajari, dengan tuntasnya kasus Rumah Adat dengan tersangka Yahya Soud ini, berarti sudah empat kasus dari 7 target yang berhasil diselesaikan sebelum Juli 2016 mendatang. Sedangkan tiga kasus lainnya termasuk Kasus Embung Sebewe dengan tiga tersangka dan kasus pengadaan kapal perintis di Dishubkominfo Sumbawa dengan dua tersangka, sedang diselesaikan. “Insya Allah sebelum HUT Adhiyaksa Juli mendatang, kasus ini sudah selesai,” tandasnya.

Baca Juga  Puluhan Personil Dikerahkan Jemput Terduga di Berare

Seperti diberitakan, setelah Yahya Soud, akan ada tersangka baru dalam kasus Rumah Adat KSB. Indikasi ini setelah tim kejaksaan mengantongi identitas calon tersangka. Saat ini tengah didalami keterangan sejumlah saksi untuk menguatkan alat bukti yang ada. Siapa dia ? kejaksaan enggan mempublikasikannya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD