Bupati Sumbawa Geram Ilegal Logging Kembali Marak

oleh -11 views

SUMBAWA BESAR, SR (15/06/2016)

Pelaku illegal logging sepertinya main-main kucing-kucingan dengan aparat. Ketika aparat lengah pelaku pembalakan liar ini beraksi. Karena itu illegal logging di Kabupaten Sumbawa dianggap bahaya laten.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc saat menerima kunjungan Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Inf Farid Makruf MA, Rabu (15/6), mengaku geram dengan aksi illegal logging yang kembali marak. Terbukti dengan ditemukannya ratusan jati dalam bentuk balok dan gelondongan dalam operasi gabungan yang digelar jajaran TNI, KSPH Batu Lanteh dan Dinas Kehutanan Sumbawa belum lama ini. “Praktek ini sudah massif dari satu tempat ke tempat lain, karena itu saya mohon Danrem dan jajaran TNI untuk membantu memberantasnya,” pinta Bupati.

Bupati menduga aksi illegal loging ini dilakukan oleh pelaku yang sama. Karena tidak ada pengusaha tumbuh baru dan sudah pasti pengusaha lama yang menggeluti pekerjaan tersebut. Untuk menyudahi praktek ini tidak cukup dilakukan melalui operasi gabungan karena tidak akan pernah selesai mengingat luasnya kawasan hutan di daerah ini. Yang paling penting adalah pencegahan agar hutan tidak lagi dirusak. Pasalnya pelaku ilegal loging terlalu berani dalam menjalankan aksinya. Untuk memerangi orang yang berani ini diperlukan langkah-langkah yang efektif.

Danrem 162/ Wira Bhakti, Kolonel Inf. Farid Makruf MA mendukung penuh upaya Pemda dalam memberantas ilegal loging. Pihaknya akan menggerakkan sumber daya mulai dari tingkat Kodim, Koramil hingga babinsa di tingkat desa. Sejauh ini upaya itu sudah berjalan dengan digelarnya operasi gabungan. “Hutan untuk generasi di masa mendatang. Ketika hutan rusak, maka kita akan mewariskan malapetaka untuk anak-cucu kita,” demikian Danrem. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Dipanggil Jaksa, Pelaksana Proyek Talud Patedong Mangkir

No More Posts Available.

No more pages to load.