Safari Ramadhan Perdana, Bupati Gelontorkan Bantuan Milyaran

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (10/06/2016)

Kecamatan Utan, menjadi lokasi perdana kegiatan Safari Ramadhan 1437 H yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Kamis (9/6) kemarin. Kegiatan ini diikuti gabungan rombongan Bupati (Tim I) dan Wakil Bupati (Tim II) terdiri dari anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua PN, dan para Kepala SKPD. Safari perdana ini bertempat di Masjid Al Islah, Desa Motong, Kecamatan Utan.

Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B. Sc dalam sambutannya, berharap di Bulan Suci Ramadhan ini akan membawa berkat, kebahagiaan, kedamaian, pengharapan dan kesejahteraan bagi seluruh umat dalam menjalani kehidupan yang dianugerahkan oleh sang pencipta dan mengantarkan semua mencapai derajat tertinggi sebagai umat yang bertakwa. Ramadhan 1437 Hijriah ini merupakan wahana silaturrahim, dan wahana safari yang pertama kali bagi pemerintahan Husni-Mo untuk bermuwajjahah langsung dengan masyarakat se Kabupaten Sumbawa. Momentum Ramadhan 1437 H adalah berkah di awal pemerintahan yang bercita-cita ingin mewujudkan masyarakat Sumbawa yang berdaya saing,  mandiri, dan berkepribadian berlandaskan semangat gotong-royong. “Ramadhan ini hadir untuk semakin memperkuat rasa kegotong-royongan kita. Sudah menjadi tradisi sebelum masuk bulan Ramadhan, masyarakat Sumbawa telah menyambut dengan berbagai kegiatan gotong royong, misalnya dalam membersihkan mesjid, mushollah, areal pemakaman dan sebagainya. Terlebih memasuki Ramadhan, nuansa gotong royong semakin terasa seperti tradisi ellu, tadharus, taraweh bersama, saling antar makanan buka puasa dan lainnya,” kata Haji Husni—akrab Bupati disapa.

Baca Juga  Siap Bersaing, 18 OPD Tembus Final LIDDA 2018

Safari RamadhanSafari Ramadhan 2Safari Ramadhan bantuanUntuk itulah pada bulan yang istimewa ini, Ia ingin menyampaikan agar gotong royong terus dikembangkan dalam kehidupan sosial masyarakat Sumbawa. Dan melalui Safari Ramadhan ini menjadi agenda aksi penguatan karakter kepribadian masyarakat Sumbawa. Karenanya sebagai pimpinan daerah menghimbau kepada seluruh jajaran aparatur sipil negara dan masyarakat Sumbawa secara umum, untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT yang bersendikan pada parenti Budaya Samawa “taket lako nene’, kangila boat lenge” dengan membudayakan sholat berjamaah, gemar membaca Alqur’an dan memakmurkan mesjid/mushollah, memperkokoh persatuan, kerukunan, dan keharmonisan dalam konteks ukhuwah islamiah.

Dalam kesempatan itu Bupati Sumbawa H. M Husni Djibril B.Sc menyerahkan bantuan secara simbolis berupa bantuan keuangan yang bersifat khusus senilai Rp 1,13 milyar. Bantuan ini diperuntukkan bagi pembangunan Desa Bale Berang, Desa Jorok, Desa Jurumapin, Desa Motong, Desa Orong Bawa, Desa Pukat, Desa Satowe Berang, dan Desa Tengah, serta pembangunan Masjid Al Islah Utan. Bupati juga menyerahkan bantuan kegiatan Kelautan dan Perikanan untuk Desa Labuhan Bajo, Dusun Labuhan Bua, Desa Pukat, dan Kecamatan Utan, dengan total Rp 1,409 milyar. Bantuan dalam bidang pertanian berupa alat bantu mesin pasca panen. Selain dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa, PT. Bank NTB Cabang Sumbawa dan PT. Bank BNI 46 Sumbawa juga menyerahkan bantuan dana pembangunan Masjid Al Islah Utan. Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa juga memberikan bantuan berupa Al Qur’an. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD