Proyek Jalan Samota Berlanjut Tergantung Putusan MA

oleh -47 views
Kondisi Jembatan Samota, Juni 2016 lalu

SUMBAWA BESAR, SR (06/06/2016)

Proyek pembangunan jalan Samota (Saleh, Moyo dan Tambora) hingga kini mangkrak. Hal ini terjadi terkendala pembebasan lahan yang sampai sekarang masih belum tuntas. Di antaranya lahan milik PT Ladang Artha Buana (LABU) yang berada di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara. PT LABU menempuh upaya peradilan dengan menggugat Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa. Untuk peradilan tingkat pertama (PN) dan kedua (PT), Pemda berhasil memenangkan gugatan. Kini prosesnya di Mahkamah Agung (MA) setelah PT LABU mengajukan kasasi. “Putusan MA inilah yang kita tunggu,” kata Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc yang dikonfirmasi SAMAWAREA, kemarin.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc
Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril B.Sc

Ia berharap di putusan MA nanti, gugatan PT LABU ditolak dan Pemda sudah menyiapkan pembayaran ganti rugi pembebasan yang dititipkan di Pengadilan Negeri senilai Rp 4 milyar lebih. Bupati tetap optimis proyek Jalan Samota akan berlanjut. Pemerintah pusat akan menggelontorkan dana kelanjutan program itu asalkan ada ketegasan dari pemerintah daerah mampu menyelesaikan proses hukum tersebut. “Itu syaratnya, pemerintah pusat hanya meminta ketegasan kita apakah mampu menyelesaikan masalah yang ada,” tukas Bupati.

Diakui Bupati sebelum munculnya gugatan ini, Pemda telah beberapa kali melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan yang bergerak di usaha perkebunan dan perhotelan. Namun negosiasi itu buntu karena perusahaan tersebut tetap menolak jalur jalan Samota melalui lahannya, di satu sisi pemerintah daerah tidak bisa menggeser lokasinya karena sudah masuk tahap pelaksanaan. Selain itu ganti rugi pembebasan lahan juga sudah disiapkan sesuai dengan hasil perhitungan Aprisal—sebuah lembaga independen. “Mohon doanya semoga masalah cepat selesai dan pembangunan jalan Samota bisa berlanjut,” demikian Bupati. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Remaja Gangguan Jiwa Tewas Tersengat Listrik di Ladang Jagung

No More Posts Available.

No more pages to load.