UTS Gelar Seminar Sex Education

oleh -40 views

“Wujudkan Sumbawa Bebas Kekerasan Seksual”

SUMBAWA BESAR, SR (31/05/2016)

Saat ini Indonesia berada dalam kondisi darurat kekerasan seksual. Dan Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu daerah yang tak luput dari kejahatan seksual yang sebagian besar dialami anak di bawah umur. Prihatin terhadap keadaan ini, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) mencoba mengambil peran dengan melakukan tindakan nyata. Salah satunya menggelar seminar “Sex Education” untuk mensosialisasikan pengetahuan dan informasi seks kepada masyarakat terutama kalangan pemuda. Kegiatan yang mengangkat tema “Sumbawa Bebas Kekerasan Seksual” ini bertujuan untuk terwujudnya pemuda yang sehat dan berkarakter.

UTS Seks  1Seminar yang digelar di Wisma Daerah, Minggu (29/5) lalu ini diikuti 164 peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa dan orang tua. Seminar ini juga menghadirkan tokoh-tokoh pemuda Sumbawa di antaranya Syukri Rahmat S.Ag (Ketua KPU Sumbawa) yang membahas tentang pendidikan seks dari perspektif Islam. Dalam paparannya mengharamkan pria dan wanita saling bersentuhan fisik sebelum sah menjadi pasangan suami istri. Bahkan hubungan berpasangan kekinian yang biasa disebut dengan istilah berpacaran tidak dibenarkan dalam Islam. Tokoh lainnya, dr. H. Minannur MPPM yang mengupas persoalan seksual dari perspektif kesehatan. Kemudian Yossi Dwi Erliana M.Psi (Dekan Psikologi UTS) yang membeberkan pentingnya persamaan persepsi terkait pendidikan seksual antara anak dan orang tua.

Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Khalid Ismail mengatakan untuk mewujudkan Sumbawa terbebas dari kekerasan seksual, masyarakat harus mendapatkan pengetahuan dan informasi yang benar mengenai pendidikan seks agar dapat membentengi diri dari kemungkinan-kemungkinan tindakan kekerasan seksual yang bisa saja terjadi pada semua orang. Salah satu pengetahuan itu diperoleh melalui seminar ini. “Semoga ini langkah awal dalam mewujudkan Sumbawa bebas dari kekerasan seksual, serta terciptanya generasi yang sehat dan berkarakter,” pungkasnya. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Walikota dan Kadisdik Mataram Pantau UN SMP/MTs