Rakorda KKBPK Upaya Ciptakan Keluarga Bahagia dan Sejahtera

oleh -201 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (31/05/2016)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Kerja Daerah Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga tingkat Kabupaten Sumbawa, Selasa (31/5). Hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Daerah ini di antaranya Anggota Forkopimda, Asisten Pemerintahan, Kepala SKPD, ketua TP PKK, Ketua GOW, camat, tokoh agama dan masyarakat.

Saat membuka kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah mengatakan, Rakorda KKBPK selain menjadi agenda evaluasi program, juga acuan perencanaan pelaksanaan program kedepan. Semua ini dibangun secara terintegrasi dan semangat gotong royong. Program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Sumbawa telah dibangun dengan penguatan kemandirian, holistik-integratif, kekuatan kemitraan serta revitalisasi program dengan dukungan regulasi operasional yang disesuaikan dengan kondisi dan karakter daerah. “Kami menyambut baik pelaksanaan Rakorda ini sebagai tindaklanjut Rakorda KKBPK tingkat propinsi dengan lokusnya Sumbawa sebagai tuan rumah. Apalagi temanya berlinier dengan visi-misi Pemerintahan Sumbawa yang hebat dan bermartabat,” kata Wabup.

Karenanya Ia berharap komitmen dan dukungan kolektif perlu diperkuat dalam kandungan dan nilai-nilai revitalisasi agar program ini menjadi ‘milik bersama’ dan terbentuk secara strukturalisasi dalam tim KB mulai dari desa hingga kecamatan termasuk pembentukan kampung KB. “Kampung KB akan menjadi rumah bersama dalam membangun rumah dan komunitas besar yang bahagia dan sejahtera. Program ini menjadi program masa depan yang melahirkan dan penciptaan sumber daya manusia yang berkualitas, mencetak anak-anak cerdas pada periodik ‘golden age’ terutama pada usia 2-3 tahun, mempersiapkan remaja-remaja dalam menyongsong memasuki dunia keluarga dengan proses perencanaan keluarga, sehingga menjadi bagian untuk merencanakan kehidupan masa depan dalam konsepsi pranata keluarga,” bebernya.

Baca Juga  Izin Operasional Indoflight Masih Berproses
Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah
Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah

Program ini juga lanjut Wabup, untuk membangun mindset dan edukasi, cara berpikir keluarga untuk suatu perencanaan kedepan sehingga akan ‘bernilai kualitas’, baik dalam membangun keluarga kecil, keluarga bahagia dan keluarga sejahtera. “Semoga ekspektasi dan cita-cita ini terpatri dalam konsep-konsep besar dan definisi lapangan bersama untuk membawa perubahan yang mendasar dalam kerangka menjadi Tana Samawa semakin lebih baik dan progressif dalam derap langkah pembangunan secara komprehensif, sehingga menjadi titian bersama terciptanya masyarakat sumbawa yang hebat dan bermartabat,” harapnya, seraya menambahkan bahwa ikhtiar tersebut menjadi aksi untuk branding Kabupaten Sumbawa sebagai ‘Sumbawa MKJP’ (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang).

Sebelumnya Kepala BKBPP Sumbawa, Ir. A. Yani dalam laporannya menyebutkan, peserta Rakorda KKBPK terdiri dari unsur kabupaten mitra kerja, stakeholder, unsur kecamatan dan TP PKK kecamatan. Narasumber terdiri dari Bappeda Kabupaten Sumbawa dengan materi strategi pembangunan Kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) dalam RPJMD Kabupaten Sumbawa 2016-2021. Selain dari BPM-PD Sumbawa mengupas tentang penguatan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di pedesaan melalui alokasi dana desa.

Baca Juga  Ketua Dekranasda NTT Terkagum dengan Produk Kerajinan NTB

Yani juga melaporkan beberapa bulan lalu Sumbawa menerima kunjungan Pemerintah Kota Jogjakarta yang melakukan study banding tentang mekanisme pelaksanana BKB holistik integratif di BKB Lestari Desa Lopok Kecamatan Lopok. Kemudian kunjungan monitoring dan evaluasi dari Yayasan Cipta Cara Padu pusat terkait pelaksanaan kegiatan advokasi ICMM atau metode kontrasepsi jangka panjang. Sumbawa dipercaya sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Daerah Program KKBPK tingkat Provinsi NTB 23-24 Mei 2016 lalu. Bupati Sumbawa didaulat menjadi pembicara pada pertemuan nasional talk show dan menerima penghargaan atas kontribusinya dalam revalitasi program KB yang dihadiri 157 kabupaten/kota dari 11 provinsi di Mataram 1 Juni 2016 besok. Momentum ini juga akan dilakukan pemberian penghargaan dan apresiasi kepada mitra kerja (Camat, Ketua TP.PKK Kecamatan, KUPT Puskesmas, KUPT KBPP, Bidan dan Kepala Desa) yang berprestasi dalam mendukung pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Sumbawa. (JEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *