Keterbatasan Safety Penyebab 11 Petugas Damkar Ambruk

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (27/05/2016)

Tragedi tumbangnya 11 anggota Satdamkar saat melaksanakan tugas menangani musibah kebakaran di Gudang Sembako Puncak Sari, Jalan Diponegoro Sumbawa beberapa hari lalu, karena terpapar asap hitam pekat. Ini sebenarnya tidak akan terjadi jika mereka dalam keadaan safety. Dalam menangani musibah yang mengejutkan warga kota ini, petugas Satdamkar sangat kekurangan peralatan. Hal ini diakui Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa, Drs Ahmad, kemarin.

Kebakaran Gudang 2Disebutkannya, pakaian khusus petugas damkar untuk penanganan musibah kebakaran sangat terbatas dan hanya dimiliki satu unit. Karena keterbatasan ini, hanya anggota paling depan yang mengenakan pakaian tersebut. Untuk mencapai titik api, mereka terpaksa bergantian. Akibatnya sebagian dari mereka terpapar asap hingga terhirup.

Untuk menangani keterbatasan ini, pihaknya akan kembali mengusulkan pengadaannya. Itupun pengadaannya tidak bisa dalam jumlah banyak karena terkendala keuangan daerah. Untuk menutupi kekurangan anggaran ini, pihaknya akan mengusahakan melalui dana pusat (Dana Alokasi Khusus/DAK). Selain pakaian, Satdamkar juga kekurangan mobil pemadam. Yang ada sekarang hanya 7 unit tapi dua di antaranya dalam kondisi rusak berat mengingat usianya sudah cukup tua. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Jambret HP Istri Polisi, Pelaku Dicokok PUMA