SMAN 1 Utan Juara Lomba Kreatifitas Siswa

oleh -47 views

Digelar HIMAFI UNSA

SUMBAWA BESAR, SR (21/05/2016)

Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) UNSA sukses menggelar Lomba Kreatifitas Siswa. Kegiatan yang dipusatkan di Auditorium UNSA, Sabtu (21/5) ini bertemakan ”Aktualisasi Peran Fisika Melalui Kreatifitas Siswa” dan mengikutsertakan 13 tim dari berbagai SMA di Kabupaten Sumbawa termasuk SMAN 1 Lunyuk dan SMAN 1 Alas Barat. Para peserta mempresentasikan hasil karyanya selama 15 menit di hadapan dewan juri sekaligus tanya jawab. Produk tersebut merupakan produk bebas dalam dunia fisika yang dibuat sendiri oleh peserta (tim). Dewan juri terdiri dari para dosen Ilmu Fisika Universitas Samawa (UNSA).

Dalam lomba tersebut, SMAN 1 Utan keluar sebagai tim terbaik dengan tema produk “Jembatan Hidrotik. Juara 2 diraih tim SMAN 1 Plampang yang membuat karya “Larutan Buah Asam Muda Sebagai Sumber Energi Listrik Alternatif”. Sedangkan SMAN 1 Alas Barat berada di peringkat ketiga dengan tema produk “Generator Mini Van de Groff Sederhana Sebagai Alat Fisika Dalam Penerapan Listrik Statis”. Para juara ini mendapatkan piala, piagam perhargaan dan uang pembinaan.

Salah satu Dewan Juri, Romi Aprianto M.Sc, menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim dari sejumlah SMA yang telah ikut menyukseskan kegiatan ini. Lomba tersebut ungkap Ketua Program Studi Pendidikan Fisika UNSA ini, sebagai wadah bagi siswa mengembangkan bakat dan kreatifitasnya dalam mengaktualisasikan konsep fisika. Kegiatan seperti ini harus menjadi budaya akademik untuk mempersiapkan generasi emas Sumbawa. “Melihat produk-produk yang mereka buat, saya melihat potensi anak Sumbawa sangat bagus, dan sepertinya para ilmuan masa depan sedang berkumpul di Auditorium UNSA,” sambung dosen muda menyelesaikan gelar doctornya di Australia.

Baca Juga  Akhirnya Oknum Guru ‘Cabul’ Ditahan Polisi

Di bagian lain dosen yang juga pengurus American Assosiation of Petroleum Geologist (AAPG) ini memberikan apresiasi kepada HIMAFI yang menginisiasi kegiatan kreatif dalam upaya mendukung peningkatan kualitas sumberdaya manusia khususnya di Kabupaten Sumbawa. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.