SPMS-Malang Sukses Gelar “Sumbawa Culture and Art”

oleh -33 views

SUMBAWA BESAR, SR (19/05/2016)

Solidaritas Perjuangan Mahasiswa Sumbawa-Malang (SPMS-M) sukses menyelenggarakan pementasan seni budaya Samawa di Malang, belum lama ini. Acara yang mengangkat tema “Sumbawa Culture and Art” ini berhasil menarik ratusan pengunjung yang berada di seputaran lokasi acara. Tidak sedikit mahasiswa asal Sumbawa, Lombok, Bima dan mahasiswa lainnya yang berasal dari berbagai daerah antusias menyaksikan acara kolosal tersebut. Terlebih lagi lokasi acara berada di daerah yang cukup strategis yaitu halaman depan Mall MX yang bersebelahan dengan Mall Malang Town Square (Matos)–merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Malang. Selain itu, lokasi kegiatan juga berdekatan dengan Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya yang juga perguruan tinggi negeri ternama di daerah yang dijuluki Kota Bunga ini. Pengunjung yang membludak dan halaman depan Mall MX penuh sesak membuat tim keamanan kewalahan mengamankan parkir liar kendaraan pengunjung. “Kami tidak menyangka dan ini di luar dugaan. Selain konsep dan tampilan acaranya yang unik dan menjadi daya tarik pengunjung, juga lokasi pelaksanaan yang menjadi poin lebih bagi kami untuk menunjang kesuksesan acara ini,” kata Jaka Muharizki Tegar selaku Ketua Pelaksana Acara.

Ngumang
Ngumang
Lagu Sumbawa dengan iringan Akustik oleh Saint Imaji
Lagu Sumbawa dengan iringan Akustik oleh Saint Imaji
Taruna Dadara
Taruna Dadara

Acara dibuka pukul 16.30 WIB yang diawali dengan bazaar dan diiringi musik akustik yang menyanyikan tembang lagu Sumbawa. Pementasan seni dan budaya Samawa seperti Tari Nguri, Penampilan Taruna Dadara Samawa, Penampilan Pengantan Samawa, Bakilung, Rabalas Lawas, dan Ngumang sengaja difokuskan pada malam hari karena bertepatan dengan malam minggu. Sementara produk-produk yang ditawarkan pada bazaar seperti Manjareal, Susu Kuda Liar, Permen Susu, Madu Sumbawa, Sambal Masin dan Minyak Sumbawa tidak luput menjadi sasaran pengunjung. “Acara ini kami konsep seminimalis mungkin tanpa mengurangi nilai-nilai kebudayaan yang tetap menarik dipandang mata. Kami menyadari banyak sekali kekurangan pada persiapan hingga pelaksanaan acara. Apa boleh buat, lagi-lagi kami dibenturkan dengan persoalan fasilitas dan pendanaan,” ujarnya.

Baca Juga  WULS Polandia Siap Terima Mahasiswa NTB Desember ini

Namun demikian, panitia merasa sangat terbantu atas dukungan moral maupun materil dari para sesepuh dan senior yang ada di Malang, juga konstribusi besar beberapa perusahaan yang mensponsori acara ini. Dengan suksesnya acara tersebut, menjadi bekal bagi mereka untuk menggagas acara yang lebih besar ke depan, khususnya yang berhubungan dengan promosi kesenian dan kebudayaan daerah Samawa. “Kami sangat bangga sebagai mahasiswa yang mampu memberi sedikit konstribusi terhadap Tau dan Tana Samawa,” demikian Tegar—sapaan akrabnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.