Tersangka Ada 7 Orang, Motifnya Dendam Pribadi

oleh -8 views
Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Tri Prasetiyo

SUMBAWA BESAR, SR (15/05/2016)

Setelah berhasil menangkap dua orang diduga sebagai tersangka kasus pembunuhan Agus Widodo yang terjadi di Simpang PLN Sumbawa, 3 April lalu, penyidik Reserse dan Kriminal Polres Sumbawa mengidentifikasi identitas 5 tersangka lainnya. “Hasil pengembangan penyidikan terhadap tersangka yang sudah tertangkap yang terlibat dalam kasus ini ada 7 orang, tinggal 5 yang belum tertangkap,” sebut Kasat Reskrim Polres Sumbawa, AKP Tri Prasetiyo kepada SAMAWAREA, tadi malam. Kelima terduga ini masih dalam pencarian dan diperkirakan sudah tersebar ke sejumlah daerah di antaranya Bali dan Jawa.

Disinggung motif dari kejadian itu, Kasat Tri menyatakan masing-masing tersangka memiliki dendam pribadi dengan korban. Selanjutnya 7 tersangka tersebut menggunakan tiga unit sepeda motor menuju TKP lalu mengeksekusi korban. Dalam melakukan aksinya, para pelaku mengenakan masker (penutup mulut yang sering digunakan petugas rumah sakit). “Untuk keterangan sementara, tidak semua membawa senjata tajam. Selain itu masih ada pengakuan berbeda antara satu tersangka dengan tersangka lainnya, ini yang kita dalami mana yang benar dan mana yang berbohong,” kata Kasat Tri.

Kemudian mengenai pasal yang dapat dijerat kepada para tersangka, untuk sementara akan disangkakan dengan pasal penganiayaan yang menyebabkan orang meninggal dunia, dan dapat juga dijerat dengan pasal pembunuhan. Ketika ada keterangan tambahan nantinya, tidak menutup kemungkinan dikenakan pasal pembunuhan berencana. Terkait dengan salah seorang tersangka yang masih di bawah umur, Kasat Tri menyatakan ketika dikenakan pasal pembunuhan maka tidak akan dikenakan diversi mengingat ancaman hukumannya di atas 7 tahun. “Dalam UU system peradilan anak ada ketentuannya jika ancaman hukuman lebih dari 7 atau 9 tahun kita boleh melakukan non diversi, atau kasus tetap dilanjutkan.

Baca Juga  Bocah 6 Tahun Dilaporkan Nyaris Jadi Korban Penculikan

Seperti diberitakan, Agus Widodo (24) tewas mengenaskan. Warga yang tinggal di Jalan Kerato, Kampung Mande, Kelurahan Bugis ini menemui ajal akibat ditebas pelaku yang belum diketahui identitasnya di sebuah warung kopi depan kantor PLN Area Sumbawa, Minggu (3/4) dinihari sekitar pukul 00.30 Wita. Korban sempat dilarikan ke RSUD Sumbawa untuk mendapat perawatan medis. Namun luka menganga di sekujur tubuhnya membuat dokter dan para perawat tak mampu berbuat banyak. Kasus ini bermula ketika korban bersama temannya duduk sambil menyeruput kopi di sebuah warung depan kantor PLN Sumbawa. Tanpa diduga datang pelaku dengan parang terhunus langsung menyerang korban. Dalam kondisi tidak siap korban menjadi bulan-bulanan dan tak terhitung parang mendarat di sekujur tubuhnya. Selanjutnya pelaku kabur meninggal korban yang sekarat. Korban sempat dilarikan ke IGD RSUD Sumbawa, tapi jiwanya tak bisa tertolong. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD