Kapolda Tunjuk Kompol Sirajuddin Kepala BNN Sumbawa

oleh -31 views

SUMBAWA BESAR, SR (14/05/2016)

Hingga kini Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sumbawa belum terbentuk. Namun sinyal keberadaan BNN tersebut semakin kuat menyusul adanya telegram Kapolda NTB yang diterima Kapolres Sumbawa belum lama ini. Dalam telegram itu, Kapolda NTB mempersiapkan Komisaris Polisi (Kompol) Syirajuddin Mahmud sebagai Kepala BNN Kabupaten Sumbawa. Untuk sementara Kompol Syirajuddin ditarik menjadi perwira menengah (Pamen) Polres Sumbawa dari jabatan sebelumnya Kabag Sumda (Kepala Bagian Sumber Daya). Jabatan yang ditinggalkannya digantikan Komisaris Polisi (Kompol) Luthfan—Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) Polres Dompu. Karena itu telegram Kapolda tersebut selain mempersiapkan kepala BNN Kabupaten Sumbawa, sekaligus juga melakukan mutasi di lingkup jajarannya.

Kompol Syirajuddin yang ditemui di sela-sela Rapat GO, Sabtu (14/5), mengakui adanya telegram Kapolda tersebut. Sebelumnya, tiga bulan lalu Bupati Sumbawa melalui Wakil Bupati selaku Kepala BNK (Badan Narkotika Kabupaten) mengajukan permohonan kepada Kapolres Sumbawa meminta Kompol Syirajuddin sebagai calon Kepala BNN Sumbawa. Permohonan itu direspon Kapolres yang kemudian mendukung surat bupati untuk diajukan ke Kapolda NTB. Berselang dua bulan atau empat hari yang lalu, Kompol Syirajuddin mengaku dipanggil Dir Narkoba untuk dilakukan semacam fit and propertest terkait dengan tugas pokok dan perannya sebagai Kepala BNN Kabupaten. “Dua hari kemudian telegram Kapolda ini turun sekaligus memutasi saya dari jabatan Kabag Sumda menjadi Pamen Polres yang kemudian diperjelas dengan tanda kurung Kepala BNN Kabupaten Sumbawa,” jelas Kompol Syirajuddin. Terkait dengan hal ini, tinggal bagaimana Pemda Sumbawa menyiapkan sarana prasarana dalam mendukung terbentuknya BNN Kabupaten secara definitive yang diperkuat dengan surat keputusan dari Menpan-RB RI, di samping menunggu turunnya anggaran dari pusat.

Baca Juga  Disinyalir Cafe Keluarga Jadi Tempat Maksiat

Untuk diketahui Kompol Syirajuddin adalah perwira yang cukup berprestasi. Selain pernah menjadi Kasat Intelkam Polres Sumbawa juga sudah beberapa kali menjabat sebagai Kapolsek baik di wilayah hukum Polres Sumbawa maupun di Polres KSB. Bahkan sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kabag Binamitra sekaligus Ketua Harian Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sumbawa. Artinya Kompol Syirajuddin sangat pas ditunjuk sebagai Kepala BNN Kabupaten Sumbawa.

Sementara itu Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad SIK mengakui telah menerima surat keputusan dari Kapolda NTB yang menunjuk dan mempersiapkan salah satu personilnya, Kompol Sirajuddin sebagai calon yang akan memimpin BNNK. Karena itu pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa untuk dukungan sarana prasarana termasuk sumberdaya manusia (aparatur). “Ini yang akan kita koordinasi lebih lanjut,” demikian Kapolres. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD