Workshop Fisika ESDM Upaya Tingkatkan SDM

oleh -6 views

SUMBAWA BESAR, SR (13/05/2016)

Seminar dan Workshop Fisika ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) yang diikuti para dosen se Bali-Nusra di Kabupaten Sumbawa, berakhir Jumat (13/5) sore tadi. Kegiatan yang berlangsung sejak 10 Mei lalu merupakan kolaborasi antara Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dan Departemen Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) khususnya Fisika Bumi.

Sebelumnya, Prof Lilik Hendrajaya, Ph.D–Dosen Departemen Fisika dan pernah menjabat sebagai Rektor ITB, menilai ada kesalahan dalam mengajarkan fisika. Karena itu ia mengajak agar mengembalikan fisika menjadi ilmu alam, bukan ilmu abstrak sehingga mudah dipahami. Kesalahan yang terjadi yaitu dalam pengajaran fisika itu sendiri. Untuk itu fisika harus diajarkan secara kontekstual yang berhubungan dengan lingkungan Indonesia, yaitu pada energi dan sumber daya mineral, migas, pertambangan, metalurgi, dan air.Fisika 1

Fisika 2Untuk diketahui, selain Prof Lilik, ada beberapa narasumber lainnya dalam kegiatan tersebut yaitu Gunawan Handayani Ph.D (Dosen Fisika ITB), Dr. Dra. Melania Suweni (Dosen Fisika ITS), dan Anawati, Ph.D (Dosen Teknik Material dan Metalurgi UTS). Pada workshop tersebut ada 5 topik yang dibahas Fisika Migas, Fisika Geodinamika, Termodinamika, Fiska Sumber Daya Air, dan peserta Praktikum Fisika Air.

Rektor Universitas Teknologi Sumbawa,  Dr. Andy Tirta, M.Sc dalam sambutan penutupnya, menyampaikan terima kasih kepada Prof Lilik atas kehadirannya di Sumbawa yang bersedia mengajarkan kepada guru-guru fisika dan mahasiswa bahwa fisika bukanlah ilmu yang sulit melainkan ilmu yang mudah. Selain itu, apresiasi juga disampaikan kepada peserta yang sangat antusias mengikuti workshop tersebut. “Acara ini sebagai bukti bakti kami kampus teknologi dalam mengembangkan sumber daya manusia khususnya di Sumbawa, Tidak hanya ilmu pengetahuan namun Prof Lilik juga membuka peluang bagi guru-guru fisika di Sumbawa untuk melanjutkan kuliah S2 ke ITB,” kata Boy—akrab Rektor UTS ini disapa.

Baca Juga  Gunung Ibu Meletus, Status Tetap Waspada

Sementara Ketua Panitia, Anawati, Ph.D berharap agar kegiatan ini dirasakan manfaatnya oleh semua peserta workshop. Selain itu mampu membangkitkan motivasi para dosen dan mahasiswa akan pentingnya pembelajaran fisika di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral yang akan mendukung pertumbuhan industry sumberdaya alam non hayati Indonesia. Selain itu, kegiatan ini akan menjadi bekal dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang menguasai fisika ESDM yang pada akhirnya dapat menjadi problem solver untuk setiap permasalahan terkait ESDM di daerah masing-masing. (Humas UTS)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.