Fisika ESDM Jembatan Pengetahuan Mengolah SDA Melimpah

oleh -28 views
Prof Lilik Kunjungi SMK Al Kahfi

Pembukaan Workshop Fisika ESDM se Bali Nusra

SUMNBAWA BESAR, SR (10/05/2016)

Seminar dan Workshop Fisika ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) se Bali Nusra yang dipusatkan di Kabupaten Sumbawa, resmi dibuka, Selasa (10/5) pagi tadi. Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara UTS dan Departemen Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) khususnya Fisika Bumi ini akan berlangsung hingga 13 Mei mendatang. Saat pembukaan di Aula Serbaguna UTS, Guru Besar ITB Prof. Ir. Drs. Lilik Hendrajaya, M.Sc.,Ph.D mengaku telah berkeliling melakukan di workshop di sejumlah daerah. Ini dilakukan karena Ia mengibaratkan ilmu itu seperti air yang mengalir, tidak ada penghalang. Sebab suatu ilmu itu hendaknya dialirkan dari atas ke bawah sehingga tetap mengalir. “Begitulah harusnya ilmu pengetahuan, ilmu dari seseorang yang memiliki pengetahuan lebih harusnya mengajarkan dan rendah hati untuk saling berbagi ilmu,” ucapnya.

Ia mengaku betapa kayanya daerah Sumbawa dengan sumber mineral yang berlimpah, namun di sisi lain perekonomian masyarakatnya masih menengah ke bawah. Hal tersebut karena daerah ini tidak memiliki pusat pendidikan tentang energi dan sumber daya mineral. Untuk itu Prof Lilik berusaha menyadarkan pentingnya mempelajari Fisika Energi dan Sumber Daya Mineral sebagai jembatan pengetahuan dan pendidikan tentang bagaimana cara mengolah sumber daya yang melimpah. Selain itu, Prof Lilik juga menjelaskan bahwa fisika adalah ilmu yang banyak orang tidak menyukainya karena cenderung sulit. Padahal sesungguhnya kesulitan itu tidak dapat dihindari melainkan dapat melatih daya analisis terhadap suatu permasalahan. Selain workshop keliling Fisika ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) program nyata yang dibuat Prof Lilik adalah Sentra Kecerdasan yang berisi orang-orang jenius dan pintar yang siap membagikan ilmunya.

Baca Juga  Dishub Sumbawa Tambah Kapal Penumpang, Layani Rute Labuan Aji

Sementara Kadis Pertambangan Kabupaten Sumbawa yang diwakili Nugroho Yuditomo, M.Eng mengakui jika Sumbawa memiliki sumber daya alam yang melimpah. Dan sebagian besar perusahaan yang berinvestasi di Sumbawa berkaitan dengan sumber daya mineral dan pertambangan.

Rektor UTS, Dr Andi Tirta, M.Sc menyampaikan UTS berperan dalam medukung industri di Sumbawa. Banyak program yang sudah dilakukan UTS termasuk ada beberapa yang sedang berjalan dalam rangka membangun peradaban di daerah ini. “UTS akan memberi kebahagiaan untuk seluruh mahasiswa dan masyarakat,” timpal Dr. H Zulkiflimansyah SE M.Sc selaku pendiri UTS.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana, Anawati, Ph.D mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan sumberdaya manusia dalam bidang fisika di Indonesia timur, khususnya wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Ia berharap kegiatan tersebut mampu membangkitkan motivasi para dosen dan mahasiswa akan pentingnya pembelajaran fisika di bidang Energi dan Sumber Daya Mineral yang akan mendukung pertumbuhan industry sumberdaya alam non hayati Indonesia. Selain itu, kegiatan ini akan menjadi bekal dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang menguasai fisika ESDM yang pada akhirnya dapat menjadi problem solver untuk setiap permasalahan terkait ESDM di daerah masing-masing. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD