Rektor UTS Beber Rahasia Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

oleh -4 views

SUMBAWA BESAR, SR (08/05/2016)

Rektor UTS, Dr Andy Tirta M.Eng berbagi tips and trik menjadi penerima beasiswa kuliah keluar negeri. Rahasia itu diungkap saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Scholarship dengan tema “Kuliah Keluar Negeri, Siapa Takut ?” yang digelar Sahabat Beasiswa Chapter Sumbawa, belum lama. Dengan membagi pengalamannya saat menyelesaikan jenjang S2 dan S3 nya di Korea, rektor muda yang pernah menjabat sebagai Ketua BEM Fakultas Tehnik Universitas Indonesia ini menyatakan bahwa kuliah keluar negeri sebetulnya proses menuntut ilmu yang menjadi hak semua orang dan akan dapat terwujud melalui banyak program beasiswa yang tersedia. “Banyak calon mahasiswa yang menyerah mengejar beasiswa saat fikiran telah dibuntukan dengan persyaratan-persyaratan yang dirasa berada di luar jangkauan kemampuan minat bakat dan lain-lain. Padahal sesungguhnya itu hanyalah blockmind saja, dimana seseorang berserah diri saat tahap awal mencoba. Sebenarnya semua bisa ditaklukkan dengan sedikit perjuangan,” terang Boy—sapaan Rektor yang juga akrab Direktur PT Rumah Kreasi Asia Mandiri dan mantan Presiden Persatuan Pelajar Indonesia di Korea (PERPIKA).

Beasiswa LN 1Beasiswa LNPada kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Daerah ini, Doktor Andy memaparkan alasan seseorang untuk kuliah hingga keluar negeri. Selain bisa melihat dunia, kuliah keluar negeri merupakan kesempatan bagi diri sendiri untuk meraih pendidikan yang lebih menantang, sekaligus media dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bertemu budaya dan orang baru yang akan menjadi saudara. Paling penting sebagai media terbaik untuk mencoba lolos dalam ‘pensaringan’ secara internasional.

Baca Juga  Komunitas Remaja Peduli Lingkungan Turun Tangan Bantu Abdul Munir

Untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri Doktor Andy menyatakan persiapan wajib dilakukan oleh pelamar beasiswa seperti pengetahuan dasar tentang kuliah ke luar negeri, kemampuan berbahasa Inggris, menghubungi kampus terbaik, mengambil formulir pendaftaran dan mengisi aplikasi dengan baik, dan mencari peluang beasiswanya. “Bisa jadi, kegagalan bukan disebabkan oleh ketidakmampuan kita, tapi karena persiapan yang kurang baik” pungkasnya. (JEN/SR)

 

bankntb DPRD DPRD