Pemda Sumbawa Siapkan Anggaran Miliaran Rupiah

oleh -5 views

Dukung Pacuan Kuda

SUMBAWA BESAR, SR (08/05/2016)

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa siap menganggarkan dana miliaran rupiah untuk mendukung keberlanjutan pelaksanaan event pacuan kuda di daerah ini. Dukungan tersebut disampaikan Sekda Sumbawa Drs H Rasyidi mewakili Bupati saat menutup Perlombaan Pacuan Kuda Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa Cup di Kerato Angin Laut, Desa Penyaring, Kecamatan Moyo Utara, Minggu (8/5). “Bukan lagi 1 miliyar rupiah, lebih dari itu akan kami anggarkan asalkan ini untuk kepentingan masyarakat,” ucap Sekda.

Pacuan kuda ini merupakan ikon Sumbawa yang harus terus dilestarikan. Karenanya ada upaya pemerintah untuk mengaktifkan kembali arena-arena pacuan yang tersebar di sejumlah kecamatan. Dengan tetap digelarnya event tersebut, akan membangkitkan semangat dan keinginan masyarakat untuk beternak kuda mengingat setiap tahun populasi ternak ini terus menurun. Selain itu, event ini juga merupakan destinasi wisata.

Doktor Zul dan Kamaluddin ST M.Si
Doktor Zul dan Kamaluddin ST M.Si

Sekda Pacuan

Ida Rahayu SAP—Ketua Komisi IV DPRD Sumbawa, menyambut positif keinginan Pemda ini. “Tinggal bagaimana Pemda menggiringnya, kami di DPRD akan menyetujuinya,” ucap Srikandi Dewan ini.
Ia mengaku terpesona melihat arena pacuan yang representative dan menjadi daya tarik wisawatan terutama wisatawan local yang datang dari segala penjuru. Kondisi itu merupakan potensi wisata yang harus terus dikembangkan, di samping wisata alam dan laut yang selama ini digiatkan. “Silakan usulkan, kami tinggal ketok palu,” tandas Kamaluddin ST M.Si—Wakil Ketua DPRD Sumbawa.

Baca Juga  Bunda Niken Dorong Masyarakat untuk Olah Produk Sendiri

Pihaknya di DPRD akan komit memberikan dukungan anggaran senilai Rp 1 Milyar pada Tahun Anggaran 2017 mendatang. Tentunya dengan dukungan anggaran ini, event dalam upaya melestarikan budaya daerah akan terlaksana secara meriah. “Kalau pemdanya sudah oke, kami setuju, maka anggaran tidak menjadi persoalan,” ujarnya.

Sementara itu, Pemilik Kerato Angin laut, Dr H Zulkieflimansyah M.Sc, mengatakan bahwa Kabupaten Bima telah menganggarkan dana Rp 1 milyar untuk event pacuan kuda di daerahnya. Demikian dengan Kota Bima. Ia berharap Sumbawa akan jauh lebih besar dari dua kabupaten/kota tersebut. Menurutnya, pacuan kuda bukan hanya sebagai ikon budaya dan destinasi pariwisata, tapi lebih dari itu mampu menyatukan masyarakat di Pulau Sumbawa ini sebagaimana tema perlombaan kali ini “Satu Kuda, Sejuta Sahabat”. “Kita boleh juara 1, 2 dan 3 bahkan tidak juara samasekali, namun yang paling penting kita menemukan sahabat di sini,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.