Konvoi Kelulusan, Sekelompok Pelajar Terjaring Polisi

oleh -191 views

SUMBAWA BESAR, SR (07/05/2016)

Aksi corat-coret baju dilanjutkan dengan konvoi kendaraan sudah menjadi tradisi setiap pengumuman kelulusan. Sabtu (7/5) siang tadi, tradisi ini kembali terulang saat pengumuman kelulusan siswa SMA/MA/SMK di Kota Sumbawa. Parahnya konvoi kendaraan ini dilakukan secara ugal-ugalan dan mengganggu pengguna jalan lain. Sebenarnya pihak kepolisian sudah mengantisipasinya dengan menempatkan anggota dan memasang blockade di sejumlah titik rawan. Namun aksi para remaja itu dilakukan di luar jalur yang tak terdeteksi. Seperti jalan by pass, Kerato, Karang Irian dan Labuan Sumbawa. Sebagian dari mereka berasal dari beberapa kecamatan konvoi masuk kota. Terpaksa aparat melakukan system hunting, kejar dan tangkap. Sedikitnya 6 sepeda motor protolan dan berknalpot racing milik siswa tersebut berhasil diamankan. Dari kendaraan ini ada yang tidak dilengkapi rem. Ini sangat membahayakan bukan hanya bagi keselamatan diri tapi juga orang lain. Konvoi 2

 

Kabag Ops AKP Syafruddin
Kabag Ops AKP Syafruddin

Kabag Ops Polres Sumbawa, AKP Syafruddin yang ditemui SAMAWAREA mengatakan, upaya polisi ini untuk mengantisipasi pengumuman kelulusan siswa SMA, dalam rangka menciptakan keamanan ketertiban, keselamatan dan kelancaran berlalulintas (Kamtibcarlantas). Sejumlah kendaraan yang terjaring diamankan dan ditindak tilang. Kendaraan itu bisa diambil pemiliknya ketika sudah melengkapi seluruh kelengkapan standar tekhnis kendaraan serta memperlihatkan bukti kepemilikan. “Tanpa ini, kendaraan tetap dikandangkan,” tegas Syafruddin.

Ia menilai tradisi corat-coret dan konvoi kendaraan pasca pengumuman kelulusan sangat tidak mendidik dan justru melanggar aturan. Syafruddin berharap semua pihak berperan termasuk orang tua dan sekolah. “Kami ingin ada strategi khusus yang dilakukan agar tradisi ini tidak terulang kembali di masa yang akan datang,” demikian perwira berkumis tebal ini. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Kampung Sehat, Jadikan Masyarakat Semakin Produktif di Tengah Covid

No More Posts Available.

No more pages to load.