Semaraknya Hardiknas di MTs Negeri Sumbawa

oleh -7 views

Sukses Gelar Berbagai Lomba

SUMBAWA BESAR, SR (06/05/2016)

Berbagai lomba dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diinisiasi Perpustakaan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Sumbawa Besar belum lama ini berlangsung sukses dan semarak. Mulai dari lomba mengarang, menulis resensi buku, lomba pidato dan cerita Islami hingga lomba cerdas cermat. Kegiatan yang dilaksanakan selama beberapa hari dan puncaknya 3 Mei kemarin, ditutup dengan penganugerahan “Laskar Pelangi Pustaka”. Penghargaan ini diberikan kepada 10 orang siswa yang dikategorikan sebagai pengunjung perpustakaan paling banyak. Guna memotivasi kreatifitas ini, semua pemenang lomba termasuk penerima penghargaan mendapat hadiah uang pembinaan dan sertifikat.

Nur Endang Marfani S.Pd, Kepala Perpustakaan MTsN Sumbawa sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara
Nur Endang Marfani S.Pd, Kepala Perpustakaan MTsN Sumbawa sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara

Ketua Panitia Pelaksana, Nur Endang Marfani S.Pd didampingi Sekretarisnya, Sahma S.Hum yang ditemui SAMAWAREA, Kamis (5/5) kemarin mengatakan, bahwa berbagai lomba ini rutin dilaksanakan setiap semester yang secara kebetulan bertepatan dengan peringatan Hardiknas. Kegiatan antar kelas yang diinisiasi perpustakaan MTsN Sumbawa ini, bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kreatifitas peserta didik.

Nem—sapaan singkat guru cantik yang juga Kepala Perpustakaan MTsN Sumbawa ini, berharap melalui lomba tersebut para siswa bisa menyalurkan bakat dan potensi sesuai dengan keahlian yang dimiliki sekaligus ajang asah otak yang mengarah ke hal positif sehingga dapat memacu semangat belajar siswa untuk maju. Berbagai lomba ini diikuti dengan antusias oleh para siswa. Dan yang paling banyak peminatnya adalah Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang diikuti 30 regu dan Pidato Islam yang diikuti 30 orang peserta.

Baca Juga  "Bu Lela” UNSA Tingkatkan Kewirausahaan Santri Ponpes Al-Muthmainnah

MTS lomba 1MTS lomba 2Disinggung mengenai “Laskar Pustaka”, guru low profil ini mengatakan bahwa itu adalah anugrah atau penghargaan atas dedikasi para siswa sebagai pengunjung perpustakaan terbaik dan terbanyak. Ia ingin memotivasi siswa untuk mengembangkan budaya membaca. Sebab dengan membaca akan meningkatkan ilmu pengetahuan siswa, sehingga daya nalarnya berkembang dan berpandangan luas yang akan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Saat ini diakuinya anak-anak sangat kurang dalam minat membaca. Kebanyakan aktivitasnya digunakan untuk bermain dan menonton, menyusul perkembangan tekhnologi yang menjadi salah satu factor penyebabnya. Untuk membiasakan budaya membaca ini, pihak sekolah merangsang siswa dengan penghargaan termasuk menggelar lomba-lomba. Diharapkan nanti, siswa akan tertarik untuk membaca dan dapat terbiasa dengan budaya membaca. “Alhamdulillah pengunjung perpustakaan meningkat signifikan yang artinya minat membaca sudah mulai meningkat,” ucapnya.

MTS Lomba 3MTS Pidato 3MTS Pidato 1Para siswa menyadari bahwa membaca adalah sebuah keharusan bila ingin menguasai dunia. Dengan membaca, pandangan  menjadi lebih terbuka terhadap hal-hal baru yang tidak diketahui sebelumnya. Tentunya dengan membaca akan menambah wawasan atau pengetahuan siswa, sehingga seorang siswa dapat menciptakan ide-ide kreatif, dan berpikir lebih kritis.

Kepala MTs Negeri Sumbawa Besar, Adiat S.Ag
Kepala MTs Negeri Sumbawa Besar, Adiat S.Ag

Sementara itu Kepala MTs Negeri Sumbawa, Adiat S.Ag, sangat mendukung kegiatan yang diinisiasi perpustakaan sekolah. Dengan berbagai lomba yang digelar ini akan meningkatkan minat dan kreatifitas siswa yang secara tidak langsung melahirkan generasi cerdas di masa mendatang. Ia berharap kegiatan seperti ini dilaksanakan secara kontinyu dan lebih ditingkatkan, tidak hanya secara internal namun dapat diperluas dengan mengundang sekolah-sekolah lain. “Kami ucapkan terima kepada segenap panitia dan para guru yang ikut mendukung sehingga semaraknya Hardiknas di sekolah ini berlangsung sukses,” demikian Adiat. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD