Pemda Sumbawa Bakal Gugat XL

oleh -8 views
Kadishub Sumbawa, Burhan SH MH

SUMBAWA BESAR, SR (05/05/2016)

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Perhubungan Komunikasi di Informasi (Dishubkominfo) berencana akan menggugat XL, terkait masih adanya sisa tunggakan retribusi tower yang belum terbayar. Gugatan hukum ini akan diajukan apabila perusahaan seluler tersebut masih juga belum memenuhi kewajibannya. “Kalau tidak bayar terus menerus dan kita sudah menagih berulang-ulang, maka jalan terakhir adalah mengajukan gugatan ke pengadilan,” tegas Kadishubkominfo Sumbawa, Burhan SH MH kepada SAMAWAREA, Rabu (4/5) kemarin.

Dari empat provider yang berinvestasi di Kabupaten Sumbawa, hanya XL yang masih menunggak retribusi tersisa Rp 200 juta, sedangkan tiga lainnya sudah menuntaskan kewajibannya. Keengganan XL ini, karena sebelumnya telah mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) menyusul adanya perbedaan perbedaan besarnya retribusi hasil perhitungan Pemda dan XL.

Pemda mengacu pada UU No. 28 Tahun 2009 tentang Retibusi dan Pajak Daerah. Salah satu pasalnya menyebutkan bahwa retribusi menara 2 persen dari NJOP. Pasal inilah yang digugat XL sehingga MK mengabulkan gugatan tersebut dan memutuskan pasal itu dinyatakan sudah tidak berlaku. Namun putusan MK ini tidak berlaku mundur. Artinya XL harus menuntaskan kewajibannya. “Kami bekerjasama dengan pihak kejaksaan selaku pengacara negara untuk melakukan penagihan. Jika upaya ini buntu, gugatan hokum solusinya,” tukas Burhan.

Saat ini pihaknya tengah menunggu perubahan dan pengesahan Perda No. 4 Tahun 2012 yang sedang dibahas DPRD. Perubahan ini dilakukan menyusul adanya putusan MK sebagai acuan dalam penarikan retribusi. “Kalau Perda ini sudah disahkan, kami akan melakukan penagihan kembali retribusi tower untuk Tahun 2016,” ujarnya.

Baca Juga  Antusias, Ratusan Warga Teluk Santong Divaksinasi

Sementara Kajari Sumbawa, Paryono SH MH yang dikonfirmasi terpisah, mengatakan tunggakan retribusi itu masih dalam proses mediasi untuk mencari titik temu adanya perbedaan persepsi perhitungan besarnya penarikan retribusi. “Kami akan mengundang kembali pihak XL untuk negosiasi lagi. Kalau tetap buntu, kita gugat,” tegasnya. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.