PPID SKPD Kabupaten Sumbawa Menimba Ilmu di Jogja

oleh -9 views

YOGYAKARTA, SR (01/05/2016)

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu SKPD Pemkab Sumbawa berkunjung ke Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (28/4) lalu. Kunjungan ini dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan informasi kepada publik. Saat itu rombongan diterima Asisten Administrasi Umum Sekda DIY, Dra Kristina Swasti, M.Si, dan Kepala Diskominfo DIY Ir Sigit Haryanta MT di Gedhong Cepoko Komplek, Kepatihan Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, Pimpinan Rombongan, Asisten Pemerintahan Dr. H. Muhammad Ikhsan M.Pd menyampaikan bahwa kunjungan tersebut untuk mendapatkan pengetahuan terkait pengelolaan informasi dan dokumentasi pada Pemerintahan Daerah DIY. Sebab Pemerintah Kabupaten Sumbawa merasa peran PPID Pembantu SKPD dalam penerapannya belum maksimal untuk mengelola dan menyelenggarakan pelayanan informasi publik meski regulasi pelaksanaannya telah diterbitkan. Dipilihnya Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai lokasi tujuan, karena daerah itu dipandang sebagai daerah yang sudah maju dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi publik. Apalagi Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril beberapa waktu lalu di Wisma Daerah Sumbawa pernah menyampaikan keinginan untuk membangun kerjasama yang sinergis antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketika itu, 15 Maret 2016 delegasi dari Pemprov DIY melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Sumbawa. Di bagian lain, Doktor Iksan juga memaparkan sekilas mengenai profil Kabupaten Sumbawa kepada Pemerintah Daerah DIY.

PPID Jogja 1Sementara itu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda DIY, Dra. Kristina Swasti, M.Si, mengatakan bahwa peningkatan kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah keharusan. Sebab ke depan tugas PPID akan sangat berat, terutama dalam tanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi langsung kepada atasan PPID. Tahun lalu PPID DIY berada di bawah naungan Dinas Perhubungan dan Komunikasi DIY, sekarang sudah masuk Dinas Komunikasi dan Informatika DIY.

Baca Juga  Teluk Saleh-Labuhan Jambu Siap Manjakan Peserta Wonderful Sail To Indonesia

Keberadaan PPID sebagai salah satu cara mempermudah jaminan akses informasi publik berdasarkan pedoman pengelolaan informasi dan dokumentasi. Namun Gubernur berharap agar hal itu tidak sampai mengganggu prinsip kehati-hatian dalam menjaga kelangsungan kehidupan berbangsa, dan bernegara, untuk kepentingan yang lebih luas. Dengan informasi yang akurat dan tidak menyesatkan disampaikan secara cepat dan tepat waktu dan biaya yang sederhana, maka PPID perlu melakukan pengelolaan secara baik, konsisten dan bertanggungjawab.

Setelah acara penerimaan, dilanjutkan dengan dialog. Pada sesi yang dipandu Ir Sigit Hanyatan MT–Kepala Diskominfo DIY, difokuskan untuk memperdalam materi sehingga rombongan mendapatkan wawasan yang luas tentang PPID dari Pemda DIY. Menariknya lagi, dalam dialog tersebut Pemprov  DIY mendatangkan salah satu narasumber dari Pemerintah Kabupaten Bantul. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.