Wah !! SIM C Palsu Dipatok 1,5 Juta

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (29/04/2016)

DR (52) dan AI (25) keduanya warga Kecamatan Plampang kini telah ditahan. Mereka adalah tersangka pembuat SIM Palsu yang tertangkap, Kamis (28/4) kemarin, setelah polisi menjaring seorang pengendara sepeda motor yang menggunakan SIM C Palsu. Ternyata untuk mendapatkan SIM palsu tersebut sangat mahal. Tersangka menjualnya seharga Rp 1,5 juta. Padahal pengurusan SIM C sesuai ketentuan sekitar Rp 300 ribu. Hal ini diakui tersangka saat menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Reserse dan Kriminal Polres Sumbawa.

Kasat Reskrim setempat, AKP Tri Prasetiyo yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Jumat (29/4) mengakui jika SIM C palsu itu dibanderol dengan harga selangit. DR yang dinyatakan sebagai otak pelaku menawarkan kepada pengguna lalu meminta AI untuk membuatnya. Dalam pemeriksaan, kedua tersangka mengaku baru sekali membuat SIM palsu dan hanya dijual kepada HAP—salah seorang warga. Caranya SIM asli discan kemudian diedit dengan cara mempertebal bentuknya. Setelah itu delaminating. “Kami curiga tersangka telah membuat SIM palsu lebih dari satu. Ini yang masih kami dalami,” ungkapnya.

SIM Palsu pembuat 2Bagaimana dengan pengguna SIM palsu ?, Kasat Tri menyatakan juga diproses. Baik pembuat dan pengguna telah melakukan tindak pidana. Seperti diberitakan, terungkapnya identitas kedua pembuat SIM palsu ini berawal dari diamankannya seorang pengendara motor berinisial HAP, warga Desa Muer yang terjaring razia kendaraan bermotor di Kota Sumbawa, kemarin. Petugas curiga karena SIM yang digunakan HAP berbeda dari aslinya karena spesifikasinya tidak sesuai ketentuan. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  DPRD NTB Sahkan Dua Perda Prakarsa Eksekutif