Mahasiswa UTS Wakili Kopertis VIII ke Final ON MIPA PT 2016

oleh -76 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (29/04/2016)

Salut, itulah kata yang patut diucapkan atas prestasi yang diraih mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Belum beberapa hari dirilis dua mahasiswa UTS terpilih mewakili Sumbawa untuk menjadi Duta Genre di tingkat Provinsi NTB, kini prestasi prestisius lainnya muncul. Adalah Muhammad Al-Azhar–mahasiswa Fakultas Teknobiologi (FTB) UTS menjadi satu-satunya mahasiswa dari perguruan tinggi Sumbawa yang berhasil masuk tahap final Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA PT). Peraih Juara 1 tingkat regional bidang biologi pada ajang OSN Pertamina 2015 ini, berhasil menyisihkan ratusan peserta bidang biologi dari berbagai Perguruan Tinggi Region VIII (Bali, NTB dan NTT) dalam seleksi Tahap II tingkat wilayah. Inilah yang menjadikannya salah satu dari 64 mahasiswa terbaik yang berhak berlaga ke tahap III di tingkat nasional pada tanggal 23 hingga 26 Mei 2016 mendatang.

ON MIPA PT yang diselenggarakan DIKTI ini merupakan kompetisi ilmiah paling bergengsi. Tujuannya adalah untuk memperoleh masukan bagi perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA serta ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat.

Baca Juga  Menelusuri Batu Nisan Pelukis Termahal di Dunia

Menjadi finalis pada ajang ini, Azhar telah melewati tahapan seleksi yang tidak mudah. Diawali dengan seleksi Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masing-masing bidang. Azhar lolos ke Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik yang pelaksanaan seleksinya berlangsung serentak pada 15-17 April 2016 di 14 Wilayah Kopertis di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Kopertis VIII seleksi dilaksanakan di Kampus Universitas Hindu, Denpasar, Bali.

Bersama 3 rekan lainnya perwakilan mahasiswa UTS dari masing-masing bidang, yaitu Luthfiyah Nurul Silmi mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Teknobiologi mewakili bidang Matematika, Aprisna Erdanny mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Teknologi Informatika mewakili bidang Fisika, Zulkifli mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Teknologi Pertambangan mewakili bidang Kimia, dan Muhammad Al-Azhar mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Teknobiologi mewakili bidang Biologi. Seleksi berlangsung selama 2 hari dan peserta diharuskan mengerjakan soal analisa masing-masing bidang sebanyak 2 kali 120 menit per harinya dan pengumuman pemenang diumumkan seminggu setelah seleksi dilakukan. Muhammad Al Azhar, yang mewakili UTS untuk bidang Biologi berhasil menjadi salah satu perwakilan dari Kopertis VIII. Dengan prestasi ini, Azhar berhak menjadi wakil wilayah Kopertis VIII untuk bersaing dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia pada babak final seleksi nasional (Tahap III) ON MIPA PT 2016. Pada Tahap III ini akan ditentukan 20 mahasiswa terbaik per bidang dengan pengelompokan 3 peraih medali emas, 5 medali perak, 7 medali perunggu, dan 5 honorable mention. “Keberhasilan Azhar menjadi penyemangat untuk seluruh civitas akademika UTS, bahwa kami memiliki para mahasiswa yang cerdas dan memiliki potensi untuk meraih banyak kesuksesan. Semoga Azhar bisa meraih kesuksesan dalam final ON MIPA di Jakarta nanti,” demikian Rektor UTS, Dr. Andy Tirta. (JEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *