56 Siswa SDN Kerato Alami Gangguan Mata

oleh -10 views
Ilustrasi

SUMBAWA BESAR, SR (27/04/2016)

Sungguh mengejutkan. Betapa tidak, dari 300 orang siswa SDN Kerato Sumbawa Besar, 56 di antaranya mengalami gangguan mata. Hal ini terungkap ketika Tim DCF (Doctor Childrens Fund) dan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) melakukan pemeriksaan mata di sekolah tersebut. “Cukup mengejutkan, tapi itulah kenyataannya,” kata Chief Fire & Rescue PTNNT, Syafwanuddin kepada SAMAWAREA di Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA), Rabu (27/4).

Bagi yang terdeteksi mengalami gangguan mata, ungkap ungkap Wawan—sapaan pria yang merupakan alumni SDN Kerato ini, akan diberikan kacamata yang sebelumnya dipesan dan disesuaikan dengan kondisi mata masing-masing anak. Bantuan ini untuk membantu mereka dalam memperbaiki penglihatannya terutama ketika menerima pelajaran di sekolah. Sebab gangguan mata menjadi salah satu factor menurunnya prestasi belajar sang anak.

Ilustrasi
Ilustrasi

Program pemeriksaan mata anak sekolah yang dilakukan PTNNT ini diakui Wawan, sudah dilaksanakan di beberapa sekolah termasuk di Kecamatan Taliwang KSB. Dan cukup banyak anak-anak yang mengalami gangguan mata. Ini bisa terjadi kemungkinan karena bawaan lahir, pengaruh media elektronik dan lainnya. Tidak menutup kemungkinan di sekolah lain terutama di wilayah Kota Sumbawa banyak pelajar yang mengalami gangguan mata tersebut.

Untuk diketahui, DCF dibentuk pada tahun 1999, dengan anggota adalah karyawan PTNNT, keluarga karyawan dan sub kontraktor. Salah satu tujuan pembentukannya adalah untuk membantu masyarakat kurang mampu agar bisa memperolah pelayanan kesehatan terutama bantuan kesehatan bagi anak-anak.  DCF yang merupakan lembaga non profit ini tidak hanya menangani penderita katarak dan operasi bedah plastik, tapi juga beberapa kasus aneh yang menimpa anak-anak seperti tumor, tanpa anus, dan hydrocephalus. DCF juga memberikan bantuan sosial kepada tujuh buah panti asuhan di Sumbawa Besar. (JEN/SR*)
 

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  18 Dokter Internship Siap Berkontribusi untuk Sumbawa