PT Seger: WNA Thailand Datang untuk Transfer Ilmu

oleh -7 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/04/2016)

Keberadaan empat WNA asal Thailand di Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa atas andil PT Seger—perusahaan jual beli hasil bumi terutama jagung. Apabila hasil penyelidikan menemukan adanya indikasi pidana, maka perusahaan atau pihak yang menjadi sponsor keberadaan WNA tersebut harus ikut bertanggung jawab. Saat ini keempat WNA yang ditangkap pihak Disnakertrans sudah diamankan Imigrasi Sumbawa untuk menjalani serangkaian pemeriksaan.

Pimpinan PT Seger, Frans Cahyadi memberikan klarifikasi mengenai keberadaan empat WNA asal Thailand tersebut. Menurut ‘Boss Jagung’ ini, WNA Thailand itu didatangkan untuk menstranfer ilmu kepada masyarakat khsususnya petani di Labangka terkait pengoperasian alat pengolahan jagung. Alat ini akan memudahkan para petani dalam memanen jagung. “Tujuannya hanya ingin memajukan petani di Sumbawa,” kata Frans—akrab boss ini disapa seraya mengaku bahwa keberadaan empat WNA asal Thailand ini di Sumbawa hanya seminggu. Mereka datang menggunakan visa bisnis yang dokumen keimigrasiannya diurus di Surabaya.

Untuk diketahui empat warga negara asing (WNA) asal Thailand ditangkap tim Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) dan Imigrasi Sumbawa, Selasa (26/4). Saat ditangkap, orang asing tersebut berada di kebun jagung wilayah Kecamatan Labangka. Mereka langsung diamankan karena diduga tidak memiliki dokumen yang lengkap. Keempat WNA ini terdiri dari tiga laki-laki dan seorang perempuan yakni Sanboonma Khomsun (37), Wongyai Thawiphon (26), Kromsamon Prasong (57) dan Kaewringam Pimchan (33). Setelah menjalani pemeriksaan di kantor Disnakertrans Sumbawa, keempatnya digelandang ke Kantor Imigrasi Sumbawa. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Setelah Kurir, Giliran Pengedar Diciduk Polisi