Kelompok “Ai Semongkat” Wakili Sumbawa Lomba Perlindungan Mata Air

oleh -57 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/04/2016)

Kelompok Mata Air “Ai Semongkat” Dusun Semongkat, Desa Klungkung, Kecamatan Batu Lanteh, mewakili Kabupaten Sumbawa dalam Lomba Perlindungan Mata Air tingkat Provinsi NTB. Selasa (26/4) pagi tadi, tim penilai dari propinsi turun ke lokasi untuk melakukan penilaian. Saat tiba tim langsung disambut Wakil Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, kepala SKPD, Camat Batu Lanteh beserta unsure muspika dan Kelompok Perlindungan Mata Air di Kecamatan Batu Lanteh.

Lomba Mata Air 1Ketua Tim Penilai Lomba, Gatot Soesanto, S.Km, M.Kes menyampaikan bahwa lomba tersebut bertujuan untuk melanggengkan perlindungan mata air yang ada di Provinsi NTB. Yang dinilai dalam lomba ini adalah kualitas, debit dan pemanfaatan airnya. Gatot memuji kualitas air di Batu Lanteh tersebut cukup bagus. Demikian dengan debit airnya yang diharapkan masuk dalam criteria. Sedangkan pemanfaatan airnya sangat mempengaruhi tingginya nilai dalam lomba tersebut. Misalnya dimanfaatkan untuk pertanian, peternakan, perkebunan dan lainnya. “Jangan sampai air ini keluar begitu saja tanpa ada pemanfaatannya. Semoga di sini bisa masuk nominasi,” kata Gatot.

Wabup Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah
Wabup Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah

Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah mengharapkan lomba tersebut dapat memacu masyarakat dalam menjaga lingkungan untuk pemanfaatan jangka panjang. “Jadi bukan hanya mencapai tingkat juara, tapi yang paling penting dari lomba ini bagaimana cara menjaga lingkungan,” katanya.

Untuk pemanfaatan air setempat, Wabup mengaku digunakan untuk irigasi dan bendungan. Selain itu sumber mata air Semongkat ini untuk penyediaan air baku bagi masyarakat Sumbawa. Namun demikian tantangan yang harus dihadapi adalah aksi illegal logging. Aksi ini tidak hanya menimbulkan bencana alam tapi juga menghilangkan titik-titik sumber mata air. “Untuk itu kami berkomitmen memerangi ilegal logging ini,” tukas Wabup.

Baca Juga  Launching Berbagi Bibit Herbal Dipusatkan di Pupinka, Ini Pesan Kapolres

Dalam kesempatan itu Wabup mengemukakan rencana ke depan menjadikan daerah Batu Lanteh sentral perkebunan buah–buahan. Karenanya Ia meminta instansi terkait menyiapkan penyuluh perkebunan sehingga dapat diketahui tanaman apa yang cocok untuk ditanami sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.