Empat WNA Asal Thailand Diciduk di Kebun Jagung Labangka

oleh -17 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/04/2016)

Empat warga negara asing (WNA) asal Thailand ditangkap tim Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) dan Imigrasi Sumbawa, Selasa (26/4). Saat ditangkap, orang asing tersebut berada di kebun jagung wilayah Kecamatan Labangka. Mereka langsung diamankan karena diduga tidak memiliki dokumen yang lengkap. Keempat WNA ini terdiri dari tiga laki-laki dan seorang perempuan yakni Sanboonma Khomsun (37), Wongyai Thawiphon (26), Kromsamon Prasong (57) dan Kaewringam Pimchan (33). Setelah menjalani pemeriksaan di kantor Disnakertrans Sumbawa, keempatnya digelandang ke Kantor Imigrasi Sumbawa.

Kadisnakertrans Sumbawa, Tri Karyati, S.Sos yang dikonfirmasi, mengatakan bahwa penangkapan keempat WNA di Labangka IV dan V itu berdasarkan informasi dari masyarakat. Hasil pemeriksaan, keempatnya didatangkan PT Seger untuk memberikan pelatihan kepada operator local di Labangka dalam mengoperasikan alat pemanen dan pengolah jagung. “Tapi mereka datang menggunakan visa bisnis. Kami telah mengingatkan mereka untuk mengurus ijin tenaga kerja asing,” kata Yeyet—sapaan akrab pejabat ini.

Ditambahkan Indra Kurniawan–PPNS/Pengawas Disnaketrans Sumbawa, seharusnya para WNA itu dilengkapi dokumen rencana penggunaan tenaga kerja asing, izin mempekerjakan tenaga asing, izin tinggal terbatas dan izin dana kompensasi 1200 dollar setahun. Sejauh ini mereka hanya bisa menunjukkan paspor. Untuk menentukan ada dan tidaknya unsur tindak pidana, pihaknya bersama Satuan Reserse dan Kriminal Polres Sumbawa akan melakukan gelar perkara. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Tiga Pesan Presiden Jokowi kepada TNI

No More Posts Available.

No more pages to load.