Desa Uma Beringin Wakili NTB Lomba LBS Nasional

oleh -44 views

SUMBAWA BESAR, SR (26/04/2016)

Satu lagi prestasi nasional yang bakal diukir Kabupaten Sumbawa. Adalah Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Nasional Tahun 2016. Pasalnya dalam lomba tersebut, Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa dipercaya mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selasa (26/4) pagi tadi, Tim Penilai dari pusat tiba di lokasi tepatnya RTH Taman Kerato, untuk melakukan penilaian. Kehadiran tim ini disambut Asisten Pemerintahan Kabupaten Sumbawa Dr. H. M. Ikhsan, M.Pd yang didampingi Wakil Ketua TP PKK, dan Anggota Komisi IV DPRD Sumbawa.

Mewakili Bupati Sumbawa, Asisten Pemerintahan, Dr. H. M. Ikhsan, M.Pd mengatakan, Desa Uma Beringin yang telah ditetapkan untuk mewakili provinsi NTB pada Lomba LBS tingkat nasional ini telah melewati proses seleksi yang cukup ketat dari tingkat kecamatan hingga provinsi. Diungkapkannya, bahwa masyarakat Desa Uma Beringin sudah terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat. Artinya, persiapan yang dilakukan untuk menghadapi lomba tingkat nasional bukan bersifat mendadak. Pembenahan-pembenahan dalam berbagai bidang tetap berjalan dengan baik dan lancar berkat kesadaran, rasa tanggungjawab, dan kekompakan seluruh elemen masyarakat. Karena itu pemerintah daerah optimis, dan berharap Desa Uma Beringin nantinya bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

Asisten I, Dr HM IKhsan M.Pd
Asisten I, Dr HM IKhsan M.Pd

Lebih jauh dikatakan Asisten, bahwa pembangunan manusia seutuhnya, yakni manusia yang sehat baik fisik, sosial dan juga lingkungan merupakan tujuan dari pembangunan daerah. Hal ini menyiratkan bahwa kesehatan merupakan karunia tuhan yang sangat berharga dan merupakan salah satu hak dasar manusia, serta faktor utama selain faktor pendidikan dan pendapatan yang menentukan indeks pembangunan sumber daya manusia. Perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau dan mampu mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah terjadinya resiko penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit dan berperan aktif dalam membangun lingkungan yang bersih dan sehat. Rumah tangga sehat merupakan asset utama pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, dilindungi dan ditingkatkan, karena anggota rumah tangga sangat rentan terkena gangguan berbagai penyakit. “Dengan pemahaman ini maka masyarakat dengan penuh kesadaran telah menjalankan pola hidup bersih dan sehat sebagaimana yang disaksikan di Desa Uma Beringin, sehingga kami harap Desa Uma Beringin layak mendapatkan penilaian yang terbaik,” ucapnya.

Baca Juga  Kabar Baik dari NTB: Hari Ini, Semua Sampel Swab Negatif !

Lomba LBS Nasional 2Lomba LBS Nasional 3Ketua Tim Penilai, Ir Rossi Rozanna Septimurti M. Kes mengatakan, lomba tersebut digelar guna memotivasi masyarakat agar tergerak untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. “Dengan adanya lomba ini, bisa dilihat bagaimana kebersamaan masyarakat dan pemerintah daerah. Inovasi lingkungan bersih dan sehat bisa disampaikan melalui pesan–pesan tentang kebersihan yang mudah dicerna dan ditiru oleh masyarakat dan anak–anak. Misalnya menyampaikan pesan kebersihan melalui nyanyian, yel–yel, dan lainnya. Ajarkan kepada anak–anak agar selalu mencintai lingkungan. Gaungkan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.