Menarik Minat Baca Masyarakat, Arpusda Gelar Berbagai Lomba

oleh -3 views

SUMBAWA BESAR, SR (25/04/2016)

Halaman Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Sumbawa tampak semarak, Senin (25/4) pagi tadi. Pasalnya berbagai lomba digelar mulai dari Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI, lomba Pemilihan Duta Baca Siswa SMA/SMK/MA hingga Lomba Menggambar bagi siswa TK dan PAUD tingkat Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini semakin meriah karena dibuka dengan pertunjukkan Sakeco dari Sanggar Seni Cinde Bulaeng Kecamatan Moyo Hilir.

Kepala Kantor Arpusda Kabupaten Sumbawa H. Syahril, S.Pd.,M.Pd melaporkan, bahwa kegiatan itu dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media yang tersedia. Pembudayaan kegemaran membaca pada satuan pendidikan boleh dikatakan tidak mudah dan tidak susah. Upaya pembudayaan membaca harus ditanamkan dan dilatih pada anak–anak sedini mungkin serta dilakukan secara komunikatif. Penanganan budaya baca tidak cukup hanya oleh guru atau komunitas di sekolah, tetapi peran orang tua, masyarakat, lingkungan, pemerintah dan lembaga swasta yang peduli menjadi faktor penting.

Kepala Arpusda Sumbawa, H Syahril S.Pd M.Pd
Kepala Arpusda Sumbawa, H Syahril S.Pd M.Pd

Arpusda Lomba 2Lebih jauh dikatakan Haji Syahril, menggalakkan promosi perpustakaan melalui berbagai lomba, berdampak pada peningkatan angka anggota maupun pengunjung perpustakaan dari tahun ke tahun. Terbukti jumlah anggota perpustakaan sebanyak 9.116 pada Tahun 2014 meningkat Tahun 2015 menjadi 9.485 orang. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengangkat dan mempopulerkan buku–buku cerita budaya daerah (lokal) yang isinya mengandung nilai–nilai kepahlawanan dan misi membangun karakter bangsa, serta menjaring dan menciptakan siswa-siswi yang berbakat dan berkualitas serta memiliki jiwa saing dan kompetitif,” jelasnya. Untuk diketahui Lomba Bercerita diikuti 24 sekolah dengan jumlah peserta 44 orang. Lomba pemilihan duta baca terdiri dari 16 sekolah dengan jumlah peserta 30 orang, dan lomba menggambar 270 orang peserta. Kegiatan dilaksanakan selama seminggu dari 25 hingga 30 April 2016.

Baca Juga  Aksi Bakar 1000 Lilin, Mahasiswa Dukung Gempa Lombok Bencana Nasional
Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah
Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah

Sementara itu Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah saat membuka kegiatan itu mengatakan, bahwa membaca hakikatnya adalah membuka cakrawala dunia. Membaca adalah jendela ilmu karena dengan membaca dapat mengetahui peristiwa dunia yang terjadi pada masa lampau, masa sekarang, bahkan dapat memprediksi peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang. Dengan adanya perpustakaan sebagai salah satu tempat menumbuhkan minat baca, harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Apalagi perpustakaan daerah ini yang merupakan perpustakaan kebanggaan milik masyarakat Sumbawa telah memperoleh program Perpuseru. Dimana program ini diselenggarakan dalam rangka membantu mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat, termasuk di antaranya memiliki kemampuan untuk memberdayakan perempuan, remaja, dan wirausaha. Perpustakaan Kabupaten Sumbawa juga sudah memiliki jaringan Wi-Fi. Sehingga perpustakaan ini yang sebelumnya merupakan perpustakaan umum menjadi terbuka, dapat diakses masyarakat untuk mendapatkan kesempatan, kreatifitas, pengetahuan dan pembelajaran. (JEN/SR)

bankntb DPRD DPRD