SMAN 2 Sumbawa Juara Biotech Camp 2016

oleh -30 views

SUMBAWA BESAR, SR (23/04/2016)

Tim dari SMA Negeri 2 Sumbawa menjadi yang terbaik pada Biotech Open Camp 2016. Pada ajang yang digelar Fakultas Tekno Biologi (FTB) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), 15—17 April lalu ini, tim yang digawangi Yuyun Andriani, Jeti Rizki Putri dan Fakhriansyah ini berhasil menyisihkan sejumlah tim unggulan lainnya. Di posisi kedua adalah tim dari SMAN 1 Lape terdiri dari Irma Yunita, Selly Wahyuni dan Maeranda Safitri. Dan ketiga diraih tim dari SMAN 3 Sumbawa (Marsa Gipta Juliana, Dian Maulana dan Yuniarti). Selain 3 tim terbaik ini, ada juga penghargaan Honorable Mention (tim favorit) yang diberikan kepada tim dari SMPN 1 Sumbawa Besar yang diawaki Muhammad Farid Anshori, Annisa Safira Azzahra dan Lauhul Afiat Kahfi. Melalui prestasi ini pemenang berhak mendapatkan uang pembinaan, piagam dan piala penghargaan.

Juara 2 Tim SMAN 1 Lape (Irma Yunita, Selly Wahyuni dan Maeranda Safitri)
Juara 2 Tim SMAN 1 Lape (Irma Yunita, Selly Wahyuni dan Maeranda Safitri)
Juara 3 SMAN 3 Sumbawa (Marsa Gipta Juliana, Dian Maulana dan Yuniarti).
Juara 3 SMAN 3 Sumbawa (Marsa Gipta Juliana, Dian Maulana dan Yuniarti).
SMPN 1 Sumbawa juara Favorit (Muhammad Farid Anshori, Annisa Safira Azzahra dan Lauhul Afiat Kahfi)
SMPN 1 Sumbawa juara Favorit (Muhammad Farid Anshori, Annisa Safira Azzahra dan Lauhul Afiat Kahfi)

Pelaksanaan Biotech Open Camp (BOC) 2016 berlangsung selama 3 hari diikuti puluhan peserta dari berbagai sekolah di Pulau Sumbawa. BOC 2016 berbeda dengan BOC tahun sebelumnya yang hanya diikuti siswa SMP. Kali ini selain siswa SMP sebagian besar diikuti siswa SMA bukan hanya di Sumbawa tapi juga dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Total peserta yang ikut dalam ajang ini mencapai 21 tim adalah 7 tim perwakilan dari SMAN 1 Empang, 3 tim dari SMAN 1 Lape, 2 tim dari SMAN 3 Sumbawa, 2 tim dari SMAN 1 Plampang, 1 tim dari SMAN 2 Sumbawa, 1 tim dari SMAN 1 Maronge, 1 tim SMK Farmasi, 3 tim SMPN 1 Sumbawa, dan 1 tim gabungan dari SMAN 1 Sekongkang dan SMAN 1 Moyo Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ilmu Bioteknologi kepada pelajar di Kabupaten Sumbawa. Pada kegiatan ini peserta diperkenalkan bagaimana cara menggunakan peralatan laboratorium modern, teknik pengambilan sampel, praktikum biologi molekuler, dan praktikum 4 cabang ilmu bioteknologi dasar.

Baca Juga  Pramuka “Ambalan Jaran Pusang” Dilepas Ikut Jambore Saka Kencana

Hari pertama pelaksanaan lomba dimulai dengan registrasi peserta pada jumat jam 2 siang. Setelah melakukan registrasi peserta diantarkan menggunakan bus menuju lokasi penginapan yang berada di asrama Universitas Teknologi Sumbawa. Peserta selanjutnya diberikan waktu untuk beristirahat dan mempersiapkan berbagai perlengkapan yang diperlukan selama pelaksanaan Biotech Open Camp 2016. Pada malam harinya, dilaksanakan Opening Ceremony yang dirangkaikan dengan Gala Dinner untuk menyambut kedatangan para peserta. Opening ceremony ini dihadiri Rektor UTS Dr. Andi Tirta, Ali Budi Kusuma, M.Sc selaku Dekan FTB, Wakil Rektor 1 Nurul Huda ST MT, Warek 3 Win Ariga Mansur Malonga, S.Pi dan civitas akademika UTS lainnya.

identifikasi tanaman
identifikasi tanaman
Lab Investigation
Lab Investigation

Hari kedua pelaksanaan lomba diisi dengan berbagai kegiatan keilmiahan, mulai dari seminar Bioteknologi oleh Dr Arif Budi Witarto, praktikum pengambilan sampel, workshop praktikum biologi molekuler, dan praktikum 4 cabang ilmu bioteknologi dasar yakni bioteknologi pangan dan agrokompleks, bioteknologi energi dan industri, bioteknologi kesehatan dan farmasi, dan bioteknologi lingkungan dan pertambangan. Pda kesempatan ini, para peserta diperkenalkan bagaimana cara menggunakan peralatan laboratorium modern milik Fakultas Teknobiologi dan diberikan kesempatan merasakan langsung bagaimana melakukan penelitiannya sendiri. Pada workshop biologi molekuler peserta diperkenalkan bagaimana cara mengamati molekul DNA menggunakan metode gel electrophoresis, di samping metode identifikasi spesies tanaman dengan menggunakan software android, teknik pengambilan sampel di lapangan dan metode pembuatan herbarium kering. Adapun pada praktikum 4 cabang bioteknologi dasar diambil beberapa tema riset dari masing-masing cabang. Tema riset bioteknologi pangan dan agrokompleks adalah kultur jaringan jamur, tema riset bioteknologi energi dan industri adalah mikrobiologi susu, tema riset bioteknologi kesehatan dan farmasi adalah tes asam urat, gula darah, dan uji kehamilan menggunakan strip imunokromatografi, dan tema riset bioteknologi lingkungan adalah mikrobiologi air minum. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan, khususnya ketika praktikum mereka dapat belajar hal-hal baru yang dapat menambah wawasan dan pengetahuannya. Salah seorang peserta mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini, karena banyak pengalaman dan hal baru yang didapat dan belum pernah dirasakan selama menginjak bangku sekolah menengah.

Baca Juga  Membanggakan, Mahasiswa UTS Duta GenRe NTB 2014
Rektor UTS dan para juri
Rektor UTS dan para juri

Pada hari ketiga, para peserta diharuskan untuk mempresentasikan hasil dari penelitian yang telah mereka lakukan dalam bentuk poster. Peserta diberikan waktu selama 3 jam untuk mempersiapkan poster yang akan dipresentasikan. Presentasi dilakukan di gedung serbaguna Universitas Teknologi Sumbawa. Yang bertindak sebagai juri adalah 3 orang dosen Fakultas Teknologi Sumbawa Universitas Teknologi Sumbawa yaitu Ali Budi Kusuma, M.Sc, Andi Baso, M.Si, dan Hurul Aini as Silmi, S.Si. Kriteria penilaian pemenang didasarkan pada keterampilan ketika melakukan praktikum, kerjasama tim, visualisasi dan presentasi poster, serta ketepatan jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan oleh dewan juri.

Dengan mengikuti kegiatan ini, para pelajar khususnya pelajar  di wilayah Sumbawa diharapkan dapat lebih mengerti dan memahami bagaimana rasanya menjadi seorang peneliti, melakukan riset mereka sendiri dan menyelesaikan masalah disekitar mereka melalui pendekatan ilmiah. Dengan demikian, diharapkan minat para pelajar terhadap sains dan bioteknologi menjadi lebih meningkat agar dapat menciptakan generasi yang bisa berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. (Humas FTB)

bankntb DPRD DPRD