Kemenag NTB Ajak Kerjasama Media Massa

oleh -9 views

Perkuat Kerukunan Umat Beragama

SUMBAWA BESAR, SR (21/04/2016)

Sebanyak 60 wartawan media cetak dan eklektronik yang berasal dari kabupaten/kota se NTB mengikuti Workshop Peningkatan Wawasan Multikultural dan Jurnalisme Damai. Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Mataram Square ini dilaksanakan Kementerian Agama RI Wilayah Propinsi NTB. Workshop tersebut resmi dibuka Kamis (21/4) sore dan akan berlangsung selama tiga hari hingga Sabtu (23/4) mendatang.

Ketua panitia, H Suardi SH., M.Pd.I
Ketua panitia, H Suardi SH., M.Pd.I

Ketua Panitia, H Suardi SH., M.Pd.I dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai wadah untuk saling bertukar informasi dan pendapat mengenai kerukunan antar umat beragama di wilayah masing-masing. Kegiatan dengan menghadirkan insane pers sebagai peserta ini pertamakali diselenggarakan. Sebab disadari bahwa media massa memiliki peranan yang strategis dalam penyebaran informasi, sarana edukasi, media control serta mampu mengawal kedamaian dan keharmonisan seluruh masyarakat. “Tanpa wartawan, dunia akan gelap gulita dalam mendapatkan informasi,” kata Haji Suardi.

Menurutnya, Indonesia kaya dengan keberagaman. Jika keberagaman ini dapat dikelola dengan baik maka akan menjadi sebuah kekuatan besar, namun sebaliknya jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi berpotensi konflik. Karenanya ia berharap melalui kegiatan ini media massa dapat berperan dalam mengelola keberagaman itu menjadi sebuah kekuatan. Hal ini sesuai dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini di antaranya meningkatkan wawasan multicultural dan peran insane pers bagi terwujudnya kerukunan umat beragama. “Kami ingin terwujudnya suasana harmoni bagi masyarakat sehingga tindakan radikalisme yang kerap terjadi dapat dicegah,” tandasnya.

Baca Juga  Bawaslu Sumbawa Awasi Pendistribusian Logistik Hari Pertama
Kakanwil Kemenag NTB, H Sulaiman Hamid
Kakanwil Kemenag NTB, H Sulaiman Hamid

Sementara Kakanwil Kemenag NTB, H Sulaiman Hamid mengatakan tugas kementerian agama sangat berat terutama yang berkaitan dengan kerukunan antar umat beragama. Pasalnya banyak muncul isu-isu, paham dan aliran-aliran yang muncul dan dapat mengganggu kehidupan beragama serta kerukunan antar umat beragama. Kondisi ini bisa timbul karena kurangnya informasi yang diserap hingga membuat masyarakat kurang paham. Karenanya Kemenag akan menggiatkan penyebaran informasi dalam upaya meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat yang bertujuan untuk terciptanya kerukunan umat beragama. Salah satu cara adalah menjalin kerjasama dengan media massa. (JEN/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.